NASIONAL

21 Tahun Reformasi, Keluarga Korban Pelanggaran HAM Gelar Ziarah

"Ziarah dilakukan di mal Klender dan TPU Pondok Ranggon"

AUTHOR / Kevin Candra

21 Tahun Reformasi, Keluarga Korban Pelanggaran HAM  Gelar Ziarah
Ziarah peringatan 21 tahun tragedi Mei, di mal Klender, Jakarta Timur, Senin (13/05/19). (Foto: KBR/Kevin).

KBR, Jakarta- Peringati peristiwa Mei 98, korban dan keluarga beserta sejumlah organisasi hak asasi manusia gelar ziarah dan tabur bunga. Tabur bunga di antaranya dilaksanakan di mal Klender.

Pusat perbelanjaan ini dibakar saat kerusuhan pada 21 tahun lalu. Di mal yang kini bernama  Citra Plaza tersebut diperkirakan ratusan orang tewas terbakar.


Setelah dari mal  Klender, rombongan bergerak ke TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur untuk berziarah dan tabur bunga di makam korban Mei 98.


Acara tabur bunga dan ziarah itu dilakukan sejumlah LSM  seperti Amnesty international Indonesia,Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan, Ikatan keluarga Korban Orang Hilang (IKOHI), KontraS, dan Paguyuban Mei’98.


Penembakan Mahasiswa Unversitas Trisakti pada 12 Mei 1998 menjadi pemicu reformasi. Dalam peristiwa itu empat mahasiswa tewas. Mereka adalah, Elang Mulia Lesmana, Heri Hertanto, Hafidin Royan, dan Hendriawan Sie. Hingga kini pelaku dan dalang penembakan itu belum terungkap.

 

Komnas HAM telah menyelesaikan penyelidikan peristiwa Trisakti, Semanggi I dan Semanggi II, peristiwa Kerusuhan Mei 1998,dan menyerahkannya kepada Kejaksaan Agung. Namun, Kejagung mengembalikan berkas dengan alasan bukti tak lengkap. 


Editor: Rony Sitanggang 


  • reformasi 98
  • tragedi mei

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!