NASIONAL

115 Titik Jalur Mudik Rawan Banjir , Sebagian Besar di Jawa

"Kita minta kepada PUPR dan juga pemda untuk mempersiapkan apabila itu terjadi,"

AUTHOR / Heru Haetami

Arus mudik 2024
Ilustrasi: Pemudik bersepeda motor menunggu kapal bersandar di Pelabuhan Ciwandan, Cilegon, Banten, Kamis (04/04/24) dini hari. (Antara/Muhammad Bagus)

KBR, Jakarta-  Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan pemerintah daerah di kawasan rawan bencana mengantisipasi bencana banjir selama momen mudik Lebaran 2024. Budi mengatakan, Polri telah memetakan 115 titik rawan banjir pada jalur mudik di Pulau Jawa. 

Kata dia, dua wilayah di Jawa tengah menjadi sorotan utama, yakni Semarang dan Demak lantaran rawan diterjang banjir dan rob.

"Titik-titik yang sebagai tempat-tempat kemungkinan banjir, memang secara khusus untuk Semarang dan Demak menjadi catatan karena rob baru terjadi, bisa saja terjadi lagi. Dan oleh karenanya dalam rakor yang kita adakan, kita minta kepada PUPR dan juga pemda untuk mempersiapkan apabila itu terjadi," kata Budi di Kantor Kementerian Perhubungan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Rabu (3/4/2024).

Sementara itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga telah menyampaikan peringatan dini potensi gelombang pasang di kawasan pantai utara (pantura) dan pantai selatan (pansela) Pulau Jawa pada masa arus mudik Lebaran 2024.

Itu sebab, Kepala Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB Bambang Surya Putra mengingatkan masyarakat pengguna jalur pantai utara dan selatan untuk waspada dan hati-hati.

Bambang menyebut, potensi gelombang pasang di kawasan itu diperkirakan mulai sekitar 1 April hingga 13 April 2024.

Sejumlah daerah yang rawan terdampak gelombang pasang berada di wilayah Jateng dan Jatim, antara lain Semarang, Cilacap, Kebumen, dan Pacitan. Sedangkan di wilayah Jawa Barat, antara lain pesisir Sukabumi.


Baca juga:

Kepala Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB Bambang Surya Putra  mengimbau masyarakat mewaspadai curah hujan ekstrem selama musim mudik, khususnya daerah yang dilintasi sungai besar, seperti di Malang, Jawa Timur serta kawasan Jawa Tengah antara lain Kudus, Grobogan, dan Demak.

"Perlu diwaspadai pada daerah pantai utara Pulau Jawa dan juga pada daerah pantai selatan, diperkirakan akan mengalami gelombang pasang,” kata Bambang dalam konferensi pers dengan Kepala Staf Presiden, Selasa (2/4/2024).

Berdasarkan survei Kemenhub, sebanyak 71,7 persen warga Indonesia atau 193 juta orang akan mudik pada Lebaran 2024. Dari survei tersebut, lebih 100 juta orang diprediksi menggunakan jalur darat, dengan rincian bus 37,5 juta orang, mobil pribadi 35.42 juta orang, dan motor 31,12 juta orang.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!