NASIONAL

(CEK FAKTA Debat) Ganjar: Indonesia Turun Peringkat di Indeks Perdamaian Global

Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyebut peringkat Indonesia turun di Global Peace Index (Indeks Perdamaian Global), Global Militerisation (Militerisasi Global)

AUTHOR / KBR

(CEK FAKTA Debat) Ganjar:  Indonesia Turun Peringkat di Indeks Perdamaian Global
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo. (Foto: ANTARA/Wahyu Putro)

KBR, Jakarta - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyebut peringkat Indonesia turun di Global Peace Index (Indeks Perdamaian Global), Global Militerisation (Militerisasi Global), dan anggaran pertahanan Indonesia.

"Global Peace Index kita menurut sumber Institute for Economic and Peace kita turun, pak. Nah apa di-close, silakan. saya bawakan ini dari rumah. mari kita bicara data yang tentang Global Militarization kita sumbernya Bonn Internasional Center for Conflict Studies, turun cuma skornya kapabilitas militer kita ini dari Low Institute Asia Power index. proporsi anggaran pertahanan kita sumbernya saya ISS Military Balance Plus, turun," kata Ganjar saat mengikuti Debat Ketiga Calon Presiden Pemilu 2024 di Istora Senayan Jakarta, Minggu (7/1/2024).

Verifikasi

Berdasarkan laporan Global Peace Index 2023 milik Institute for Economic and Peace, Indonesia turun 12 peringkat menjadi ranking 53 dengan skor 1.829.

Dosen Jurusan Ilmu Hubungan Internasional, UPN Veteran Yogyakarta, Ludiro Madu membenarkan bahwa ketiga isu yang disebut oleh Ganjar mengalami penurunan.

"Betul. Ketiga isu itu mengalami penurunan. Meskipun begitu, perlu dilihat lagi konteks pandemi Covid-19 dan konsekuensi perang Rusia-Ukraina kepada berbagai negara, termasuk Indonesia. Periode 2 tahun Covid-19 dan perang Rusia-Ukraina yang belum selesai sampai sekarang juga mempengaruhi penurunan indeks-indeks Indonesia itu," kata Ludiro, Minggu (7/1/2024).

Sementara Dosen Jurusan Ilmu Hubungan Internasional FISIP Universitas Tidar, Bonifasius Endo Gauh Perdana menyatakan anggaran pertahanan Indonesia juga turun, bersamaan dengan indeks perdamaian global.

"Benar. Indonesia menempati ranking 53 dari 163 negara pada Global Peace Index 2023. Ranking ini turun 12 posisi dari tahun sebelumnya. Anggaran pertahanan Indonesia juga turun dari tahun 2023 sebesar 51 T ke 43 T pada tahun 2024," kata Bonifasius, (7/1/24).

Meski turun peringkat, Data & Democracy Research Hub, Monash University Indonesia Prasetia Anugrah Pratama menyatakan skor Indonesia pada Global Peace Index mengalami peningkatan.

"Global Peace Index Indonesia menunjukan kenaikan dari 1.775 pada 2022 menjadi 1.829 pada 2023," kata Prasetia, Minggu (7/1/24).

Baca juga:


Referensi:

https://www.visionofhumanity.o...

https://countryeconomy.com/dem...

Artikel ini merupakan hasil kolaborasi Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia, Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), Masyarakat Anti-Fitnah Indonesia (MAFINDO), Cekfakta.com bersama 18 media dan tim panel ahli di Indonesia.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!