NASIONAL

Atasi Masalah Sampah, Jokowi Resmikan Tiga TPA di Jawa Timur

"Saya harap dengan beroperasinya tiga TPA ini dapat mengurangi permasalahan sampah dan mengurangi pencemaran lingkungan, dan meningkatkan kualitas lingkungan serta kesehatan masyarakat," kata Jokowi.

AUTHOR / Heru Haetami

Atasi Masalah Sampah, Jokowi Resmikan Tiga TPA di Jawa Timur
Presiden Jokowi Resmikan TPA Supit Urang, TPA Jabon, dan TPA Banjardowo, Malang, 14 Desember 2023 (Youtube Setpres RI)

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo meresmikan operasional tiga fasilitas Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Jawa Timur, 14 Desember 2023. Tiga TPA itu yakni Supit Urang, Jabon, dan Banjardowo.

Jokowi mengatakan ketiga TPA ini bakal menjadi percontohan bagi penanggulangan sampah perkotaan.

"Saya harap dengan beroperasinya tiga TPA ini dapat mengurangi permasalahan sampah dan mengurangi pencemaran lingkungan dan meningkatkan kualitas lingkungan serta kesehatan masyarakat," kata Jokowi.

Kepala negara menyebut, sampah telah menjadi persoalan yang sangat serius. Menurutnya, jika sampah tidak ditangani dengan baik akan menimbulkan berbagai permasalahan. Baik masalah sosial, kesehatan, dan juga bencana seperti pencemaran lingkungan, air, hingga banjir.

Jokowi menyebut, tiga TPA modern di provinsi Jawa Timur itu akan membantu persoalan sampah di Kota Malang, di Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Jombang.

TPA Supit urang di Kota Malang dibangun dengan anggaran Rp237 miliar menempati luas 5,2 hektare dengan kapasitas 726.000 meterkubik dan daya tampung sampah 450 ton per hari.

Lalu TPA Jabon di Kabupaten Sidoarjo, dibangun dengan anggaran Rp384 miliar, dibangun di luas lahan 29 hektare dengan kapasitas 1.650.000 meterkubik dan daya tampung mencapai 450 ton per hari.

Kemudian TPA Banjardowo di Kabupaten Jombang dibangun dengan biaya Rp203 miliar di luas lahan 4,4 hektare dengan daya tampung sampahnya 110 ton per hari.

"Saya tahu pengelolaan sampah itu tidak mudah. Mengatur satu tempat saja sulit apalagi jika satu kota satu kabupaten dan satu provinsi atau dalam satu negara," tutur Jokowi.

"Sekarang sudah ada banyak model TPA yang beroperasi dengan baik. Ini bisa menjadi contoh pengelolaan sampah bagi kota-kota yang mengalami persoalan sampah," imbuhnya.

Baca juga:


- Cegah Kebakaran, Pemkab Jombang Menyirami Sampah di TPA Setiap Hari

Editor:
Resky Novianto

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!