INTERNASIONAL

Menyusui Dapat Kurangi Risiko Obesitas Anak

Sebuah studi menemukan bahwa menyusui dapat mengurangi resiko anak terkena obesitas. Ibu yang menyusui anaknya selama enam bulan juga dapat mengurangi risiko berat badan anak berlebih sebanyak 15 persen dibanding anak yang mengkonsumsi susu formula.

AUTHOR / Issha Harruma

Menyusui Dapat Kurangi Risiko Obesitas Anak
menyusui, obesitas anak

KBR68H - Sebuah studi menemukan bahwa menyusui dapat mengurangi resiko anak terkena obesitas. Ibu yang menyusui anaknya selama enam bulan juga dapat mengurangi risiko berat badan anak berlebih sebanyak 15 persen dibanding anak yang mengkonsumsi susu formula.


Sebuah studi terbaru dari Jepang mengatakan, menyusui harus mulai didorong di negara-negara maju karena dampak jangka panjangnya terhadap berat badan anak. Penelitian yang dipimpin Michiko Yamakawa dari Okayama University Graduate School of Medicine, Dentistry, and Pharmaceutical Sciences tersebut diterbitkan dalam jurnal JAMA Pediatrics.


Menyusui diketahui dapat memperlambat peningkatan berat badan dengan membentuk pola makan yang lebih sehat. Hal ini berbeda dengan susu formula yang justru meningkatkan produksi sel-sel lemak yang bisa memicu kenaikan berat badan.


Penelitian-penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa ASI bisa melindungi bayi dari penyakit perut, infeksi dada, asma, dan alergi, serta memperkecil risiko obesitas. (dailymail) 


Editor: Antonius Eko 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!