RAGAMADV

Act Now, Save the Future! Aksi Nyata Save the Children untuk Bumi yang Lebih Hijau

Aksi diisi berbagai kegiatan edukasi dan sosialisasi, seperti senam sersama, kampanye plastik melalui penampilan lenong dan perkusi, dan pembuatan upcycle banner.

DIPERSEMBAHKAN OLEH Save the Children / Paul M Nuh

EDITOR / Paul M Nuh

Act Now, Save the Future! Aksi Nyata Save the Children untuk Bumi yang Lebih Hijau
Act Now, Save the Future! bersama anak dan orang muda untuk bumi yang lebih hijau.

KBR, Jakarta - Save the Children, Child Campaigner, Pemerintah Kota Jakarta Utara, beserta komunitas lakukan aksi nyata edukasi pilah plastic di wilayah Tanjung Priok, Jakarta Timur, Minggu, 9 Juni 2024. Aksi yang diberi nama Act Now, Save the Future merupakan bentuk kampanye peningkatan kesadaran publik yang diinisiasi oleh Child Campaigner Save the Children Indonesia.

Act Now, Save the Future diisi berbagai kegiatan edukasi dan sosialisasi, seperti senam sersama, kampanye plastik melalui penampilan lenong dan perkusi, dan pembuatan upcycle banner, di mana ratusan anak menempelkan sampah plastik pada banner yang nantinya akan disuarakan ke pemerintah.

“Act Now, Save the Future!, merupakan pesan kampanye yang mengajak semua warga untuk meningkatkan kepedulian terhadap dampak sampah plastik yang kian hari merusak bumi kita, baik di daratan maupun lautan. Dengan memulai aksi ini, diharapkan kita semua dapat melindungi bumi kita dan dapat mewujudkan lingkungan lebih baik untuk generasi yang akan datang.” jelas Divo / 18 tahun, Anggota Child Campaigner Jakarta.

red
Kesenian perkusi memeriahkan event Act Now, Save the Future! di Tanjung Priok, Jakarta Utara.


Data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada tahun 2023, menyatakan bahwa timbulan sampah di Indonesia mencapai 22,970,456.96 ton. DKI Jakarta, berada pada urutan ketiga dengan 3,141,650.18 ton, dengan sampah plastik berada diurutan kedua (22,95%).

Save the Children juga menggandeng Hyundai Motor Company untuk menginisiasi Program Ekonomi Sirkular. Melalui program ini, sejak Desember 2023, Save the Children Indonesia telah memasang 71 dropbox di area publik seperti perumahan, tempat makan, area olahraga agar masyarakat dapat melakukan praktik pemilahan sampah plastik di level rumah tangga. Melalu gerakan ini, 6,852 kilogram (kg) atau 367.878 botol plastik akan di daur ulang menjadi produk baru seperti tas laptop, totebag, boneka, T-shirt, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Save the Children: Lindungi Anak dari Dampak Ganda Krisis Iklim | Berita Terkini, Independen, Terpercaya | KBR ID

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!