NASIONAL

Polda Papua: Kelompok Bersenjata Terus Beraksi di Papua Pegunungan

"Selain terlibat baku tembak dengan polisi, kelompok bersenjata juga menembaki pesawat cargo dan diduga membakar gedung SMK Negeri 1 Oksibil."

Arjuna Pademme

Polda Papua
Bangunan SMK Negeri 1 Oksibil, Papua Pegunungan dibakar Kelompok Bersenjata. (Foto: KBR/Dok. Humas Polda Papua)

KBR, Jayapura - Kepolisian Daerah Papua menyatakan, sejak beberapa hari terakhir, kelompok bersenjata terus menunjukkan eksistensinya di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan.

Juru Bicara Polda Papua, Ignatius Benny Ady Prabowo mengatakan, selain terlibat baku tembak dengan polisi, kelompok bersenjata juga menembaki pesawat cargo dan diduga membakar gedung SMK Negeri 1 Oksibil.

Menurut Ady, pembakaran gedung SMK Negeri 1 Oksibil terjadi pada hari yang sama dengan penembakan pesawat cargo yaitu Senin (9/1/2023).

Kataya, saat itu salah satu personel Polres Pegunungan Bintang melihat gumpalan asap. Ia kemudian melapor ke Mapolres.

"Saat itu juga terdengar ledakan senjata dari arah SMK Negeri 1 Oksibil. Kapolres kemudian memerintahkan personel ke lokasi untuk melakukan penanganan," kata Ignatius Benny Ady Prabowo dalam siaran pers tertulisnya, Senin (9/1/2023) malam.

Juru Bicara Polda Papua menambahkan, hingga kini polisi masih mendalami kerugian materil yang ditimbulkan akibat peristiwa itu. Polisi juga melakukan olah tempat kejadian perkara.

Kata Ady, kepolisian juga masih melakukan pengamanan dan penyisiran di sekitar lokasi kejadian.

Meski kelompok bersenjata diduga melakukan sejumlah aksi di Pegunungan Bintang sejak akhir pekan lalu, namun kepolisian mengklaim situasi keamanan di sana secara umum masih terkendali.

Polisi berkomitmen menyelidiki terduga pelaku serangkaian insiden itu dan terus melakukan penyisiran, mencari keberadaan terduga pelaku.

"Kami akan mengusut tuntas hingga mengetahui identitas pelaku. Mencari tahu siapa yang bertanggung jawab atas kejadian ini," ucap Ady.

Baca juga:

- Polda Papua: Kelompok Bersenjata Tembaki Pesawat Kargo di Pegunungan Bintang

- Ratusan Personel Kopasgat TNI AU Bakal Mengamankan Bandara di Papua

Sebelumnya, kelompok bersenjata terlibat baku tembak dengan polisi di Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan pada Sabtu (7/1/2023). Tiga personel polisi terluka dalam peristiwa itu.

Kelompok bersenjata juga diduga menembaki pesawat cargo pengangkut barang dagangan, saat mendarat di Bandara Oksibil pada Senin (9/1/2023) pagi. Beberapa bagian pesawat tertembus peluru.

Akibat insiden itu, pesawat tersebut batal mendarat di Oksibil dan kembali ke titik keberangkatan, di Bandara Tanah Merah, Kabupaten Boven Digoel, Papua Selatan.

Editor: Fadli

  • KKB
  • Papua Pegunungan
  • Polda Papua

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!