NUSANTARA

Jalan Nasional Kutacane-Blangkejeren Longsor, Ekskavator Berupaya Buka Akses

Longsor mengakibatkan seorang pengendara sepeda motor bernama Herdianto (37) terluka...

AUTHOR / Erwin Jalaludin

EDITOR / Sindu

Jalan Nasional Kutacane-Blangkejeren Longsor, Ekskavator Berupaya Buka Akses
Jalan nasional Kutacane-Blangkejeren di Kabupaten Aceh Tenggara, Aceh, diterjang longsor, Jumat, 13 September 2024. Foto: Istimewa

KBR, Aceh Tenggara– Sebagian badan jalan nasional Kutacane-Blangkejeren di Kabupaten Aceh Tenggara, tertutup material longsor. Jalan ini menghubungkan Desa Kayu Metangur, Kecamatan Ketambe dan Lawe Pinis, Kecamatan Darul Hasanah, Aceh.

Longsor mengakibatkan seorang pengendara sepeda motor bernama Herdianto (37) terluka terkena material lumpur yang menutup sebagian jalan nasional ini.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tenggara, Muhammad Asbi mengatakan, curah hujan hujan tinggi menyebabkan tanah labil, yang berdampak terjadinya longsor. Selain material tanah dan bebatuan, ditemukan juga tumpukan kayu di badan jalan.

"Air pun datang bawa material batu, makanya ada sebagian pasir bercampur lumpur. Kondisi hari ini cuacanya juga masih hujan, bagi masyarakat kita harapkan untuk waspada,” kata Asbi kepada KBR, Jum’at, (13/9).

Kepala Pelaksana BPBD Aceh Tenggara, Muhammad Asbi menambahkan, pengendara sepeda motor yang menjadi korban langsung dievakuasi ke rumah sakit terdekat. Untuk sementara aktivitas transportasi di jalan nasional tersebut masih terbatas untuk kendaraan tertentu.

"Satu unit ekskavator sudah diterjunkan ke lokasi untuk membuka lagi akses jalan nasional yang terputus. Semoga gangguan cuaca ekstrem bisa segera berlalu," lanjutnya.

Baca juga:

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!