indeks
Radiodays Asia 2025: Kiprah Global Pertama KBR Media di Konferensi Audio Internasional

KBR Media menjadi organizing partner Radiodays Asia 2025 di Jakarta. Tonggak sejarah baru industri audio Indonesia, hadirkan Podcast Day Asia dan pembicara internasional.

Penulis: Daryl Arshaq Isbani

Editor: Don Brady

Google News
Partner Indonesia dan panitia Radiodays
Partner Indonesia dan panitia Radiodays

KBR, Jakarta - KBR Media menjadi mitra Indonesia untuk pelaksanaan Radiodays Asia 2025, konferensi internasional terbesar dan paling bergengsi di bidang radio, audio, dan podcast. Acara ini berlangsung pada 1–3 September 2025 di Hotel Aryaduta Menteng, Jakarta, menghadirkan praktisi media dari seluruh dunia.

Radiodays Asia adalah bagian dari jaringan konferensi global Radiodays yang telah lama dikenal di Eropa, Amerika Utara, dan Asia. Setelah lima tahun digelar di Kuala Lumpur, Malaysia, untuk pertama kalinya Radiodays Asia diselenggarakan di Indonesia.

Dengan tema besar “Designing the Future of Audio” (Merancang Masa Depan Audio) konferensi ini menghadirkan diskusi seputar tren media internasional, teknologi baru, riset audiens, strategi bisnis, hingga masa depan podcasting.

“Radiodays Asia adalah wadah penting bagi pelaku industri audio, baik di Asia maupun di dunia. Tahun ini menjadi istimewa karena pertama kalinya diadakan di Indonesia dengan dukungan penuh dari para mitra di Jakarta,” ujar Peter Niegel, Managing Director Radiodays Asia.

KBR Media: 26 Tahun Menjadi Suara Indonesia

Selama 26 tahun berkiprah di industri media berbasis audio, KBR Media telah membuktikan diri sebagai pelopor jurnalisme radio independen di Indonesia. Kini, KBR Media mengerahkan fokus dan inovasi untuk pengembangan konten digital termasuk podcast.

“Keterlibatan sebagai mitra Indonesia untuk penyelenggaraan Radiodays Asia 2025 menjadi momentum penting yang tidak hanya mengukuhkan peran KBR di tingkat nasional, tetapi juga membuka jalan bagi kontribusi nyata di kancah global,” tutur Direktur KBR Media, Citra Dyah Prastuti.

Salah satu keterlibatan penting KBR Media adalah dalam perancangan Podcast Day Asia 2025 yang akan digelar pada 3 September 2025. Program ini menjadi titik kumpul para podcaster, kreator, dan profesional industri untuk berbagi strategi membangun ekosistem podcast yang berkelanjutan. Diskusi meliputi strategi pertumbuhan, pemanfaatan teknologi AI dalam audio, hingga inovasi model bisnis di industri podcast.

Keterlibatan ini sekaligus menegaskan komitmen KBR dalam mendorong ekosistem podcast Indonesia agar semakin diperhitungkan di dunia internasional.

Selain menjadi organizing partner, KBR Media juga tampil di panggung Radiodays Asia 2025 pada sesi-sesi berikut:

  • Malika, Production Manager KBR Media, akan berbicara dalam sesi Future Proofing News Journalism dan 30 Ideas in 45 Minutes.

  • Citra Prastuti, Director/Chief Editor KBR Media, akan tampil di beberapa sesi penting seperti Audio Platforms and the Future of Storytelling with AI, Podcast Day Asia – Opening, Podcast Day Asia: A Toolkit to Build Your Presence in the Market, dan Podcast Day Asia – Future Strategies for Podcasting.

Kehadiran kedua perwakilan KBR ini menegaskan posisi KBR sebagai salah satu pemain utama dalam perkembangan audio journalism dan podcasting di Indonesia maupun kawasan Asia.

Kehadiran Radiodays Asia 2025 di Jakarta, dengan KBR sebagai organizing partner, bukan hanya menjadi kebanggaan bagi industri media Indonesia, tetapi juga momentum penting untuk memperkuat posisi Indonesia dalam peta global audio dan podcasting.

Selama tiga hari, para peserta akan mendapatkan wawasan mendalam dari berbagai sesi, termasuk tren riset audiens, strategi konten, inovasi teknologi, isu keberlanjutan, peran perempuan dalam podcasting, hingga pemanfaatan AI di industri audio.

Konferensi ini diharapkan menjadi ruang belajar, berbagi, dan berkolaborasi yang mampu melahirkan gagasan-gagasan baru untuk mendorong pertumbuhan industri audio di Indonesia dan dunia.

Baca juga: Pasar Saham Terancam Imbas Demonstrasi “Tolak Tunjangan DPR”

#RadiodaysAsia2025
#PodcastDayAsia
#MadiaIndonesia
#IndustriKreatif

Berita Terkait


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Loading...