NASIONAL

Pilkada Serentak, Menkopolhukam Ingatkan Penyelenggara Netral

"Agar pilkada memiliki kualitas serta kita terus menjaga integritas agar memiliki legitimasi di mata masyarakat,”

AUTHOR / Ardhi Ridwansyah

EDITOR / Rony Sitanggang

Pilkada serentak
Ketua KPU Jabar Ummi Wahyuni sosialiasi syarat pemilih kepada warga disabilitas di Markas Bumi Difabel Istimewa di Bandung, Selasa (09/07/24). (Antara/Raisan)

KBR, Jakarta-  Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Hadi Tjahjanto mengatakan Komisi Pemilu Umum (KPU) sebagai lembaga penyelenggara pemilu mesti netral dalam Pilkada Serentak 2024 yang digelar November mendatang.

Hal itu juga berlaku untuk lembaga pengawas seperti Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

“KPU selaku penyelenggara pemilihan beserta pengawas yakni Bawaslu, DKPP, dan lembaga non Bawaslu harus on the track pada tugas, fungsi, dan kewenangannya selain itu harus juga bertindak netral dan berintegritas serta menjamin hak pilih setiap masyarakat,” ucapnya saat rapat koordinasi kesiapan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 wilayah Sumatra, dipantau via kanal Youtube Kemenko Polhukam RI, Selasa (9/7/2024).

Tidak kalah penting, lanjut Hadi, ASN, TNI-Polri juga patut menjaga netralitas dalam Pilkada Serentak 2024.

“Ini sangat penting, nilai-nilai netralitas harus ditanamkan dalam diri masing-masing individu dan jadikan satu budaya dan kesadaran pribadi agar pilkada memiliki kualitas serta kita terus menjaga integritas agar memiliki legitimasi di mata masyarakat,” tuturnya.

Baca juga:

Sebelumnya Presiden Jokowi saat menjadi inspektur upacara di HUT Bhayangkara ke-78 juga mengingatkan aparat netral saat penyelenggaraan pilkada serentak 2024.

Editor: Rony Sitanggang 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!