RAGAM

ADV

Finalis Duta Bahasa DKI Jakarta Tahun 2024 Gagas Program UKBI Cilik

UKBI Cilik merupakan media pembelajaran interaktif Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia bagi anak-anak jenjang Sekolah Dasar dalam bentuk purwarupa gamifikasi model soal UKBI dan permainan taktil.

AUTHOR / Muhammad Ibnu Fadlin Syah

EDITOR / Paul M Nuh

Finalis Duta Bahasa DKI Jakarta Tahun 2024 Gagas Program UKBI Cilik
Pelaksanaan Krida UKBI Cilik di SD Negeri Pancoran 01, Jakarta.

Kegiatan Literasi Kebahasaan dan Kesastraan oleh Duta Bahasa

Duta Bahasa adalah generasi muda terbaik bangsa yang memiliki kompetensi dan keterampilan dalam bidang kebahasaan dan kesastraan. Krida Kebahasaan dan Kesastraan merupakan salah satu tahap penilaian Pemilihan Duta Bahasa DKI Jakarta Tahun 2024. Tema dari krida kebahasaan dan kesastraan yang diciptakan oleh para Duta Bahasa umumnya sesuai dengan program prioritas yang menjadi target pelaksanaan tugas dan fungsi Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Kelompok Krida 3 Finalis Duta Bahasa DKI Jakarta Tahun 2024 beranggotakan Annisa Widya Shafira dari Universitas Negeri Jakarta, Faza Fahimatul ‘Ilmiyah dari Universitas Indonesia, Muhammad Ibnu Fadlin Syah dari Institut Teknologi Bandung, Rannia Haliza Putry Amalia dari Universitas Trisakti, Rian Dwiyanto dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan Yasmin Fadillah dari Universitas Al-Azhar Indonesia. Mereka menggagas program Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Cilik atau Ucil sebagai bentuk kepedulian terhadap peningkatan kemahiran berbahasa Indonesia anak-anak.


Pelaksanaan UKBI Cilik di SD Negeri Pancoran 01

Program UKBI Cilik telah dilaksanakan pada 21–22 Mei 2024 di SD Negeri Pancoran 01, Jakarta Selatan. UKBI Cilik (Ucil) merupakan media pembelajaran interaktif Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) bagi anak-anak jenjang Sekolah Dasar (SD) dalam bentuk purwarupa gamifikasi model soal UKBI dan permainan taktil. Media pembelajaran ini diharapkan dapat menjadi wadah pengenalan, pembelajaran, dan pelatihan kemahiran berbahasa Indonesia bagi pelajar SD. Kegiatan tersebut dilatarbelakangi oleh minimnya partisipasi peuji UKBI dari kalangan pelajar Sekolah Dasar (SD), yaitu sebesar 2% peuji dari total keseluruhan penutur jati kalangan pelajar dan mahasiswa secara nasional (Peta Kemahiran Berbahasa Indonesia DKI Jakarta, 2023). Apabila dilihat dari capaian kemahiran berbahasa Indonesia secara nasional, sebanyak 77,5% peuji UKBI dari kalangan pelajar SD sudah memenuhi standar kemahiran untuk jenjang SD, yaitu marjinal.

red
Purwarupa Gamifikasi UKBI Cilik.

Pada hari pertama, kegiatan yang dilakukan oleh Tim Ucil yaitu sosialisasi UKBI Adaptif Merdeka dan program UKBI Cilik kepada para guru dan siswa kelas 5 SDN Pancoran 01, sesi tanya jawab dan audiensi, serta pelaksanaan tes awal untuk mengetahui kemampuan awal siswa mengenai model soal UKBI. Salah seorang guru kelas 5 SDN Pancoran 01, Ibu Restu, menyebutkan bahwa Ia baru tahu mengenai UKBI. Selama ini, Ibu Restu hanya mengenal TOEFL dan IELTS untuk menguji kemahiran dalam berbahasa Inggris. Ia berharap agar program ini dapat dilanjutkan dan menjadi pertimbangan sebagai salah satu jalur penerimaan siswa berprestasi pada Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) bagi pelajar SD yang sudah mengikuti tes UKBI Adaptif Merdeka. “Saya harap hal ini dapat meningkatkan motivasi siswa untuk berpartisipasi dalam UKBI sekaligus melanjutkan pendidikan ke SMP favorit,” tuturnya.

red
Tes Awal dan Sosialisasi UKBI Cilik.

Hari kedua kegiatan dibuka dengan sambutan dari Jianly Immanuel Bagensa selaku Ketua Ikatan Duta Bahasa DKI Jakarta dan Bapak Mudawari selaku Kepala SD Negeri Pancoran 01. Kegiatan hari kedua berfokus pada implementasi permainan taktil melalui turnamen Ucil berbasis model soal UKBI Adaptif Merdeka yang disesuaikan dengan kemahiran berbahasa siswa jenjang SD. Model soal UKBI Adaptif Merdeka tersebut diujikan melalui media roda putar dan papan tic tac toe. Turnamen Ucil tersebut melibatkan sebanyak 60 peserta didik yang terbagi atas 12 kelompok. Pertandingan final berlangsung sengit antara kelompok 2 dan 12 yang telah melalui serangkaian babak penyisihan dan semifinal. Akhirnya, kelompok 2 keluar sebagai pemenang yang terdiri atas 5 orang siswa kelas 5.

red
Turnamen UKBI Cilik Melalui Permainan Taktil.

Peserta program UKBI Cilik, Evan, menyebutkan bahwa dirinya pernah mendengar Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia di salah satu kanal televisi dan sangat tertarik untuk mempelajari UKBI melalui permainan taktil UKBI Cilik. “Saya sangat senang karena program ini membantu saya memahami model soal Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia,” ujar Evan.

Kepala Sekolah SDN Pancoran 01, Mudawari, menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasihnya atas inisiatif para Finalis Duta Bahasa DKI Jakarta 2024 dalam melaksanakan kegiatan UKBI Cilik di SDN Pancoran 01. “Saya harap pelaksanaan kegiatan UKBI Cilik ini dapat berkelanjutan, mengingat antusiasme yang besar dari siswa-siswi selama pelaksanaan kegiatan ini,” ujarnya.

“Saya berharap Ucil dapat menjadi angin segar dalam upaya menggaungkan semangat UKBI melalui media pembelajaran yang asyik dan menyenangkan, khususnya bagi siswa SD yang pada akhirnya dapat meningkatkan partisipasi peuji UKBI dari kalangan siswa Sekolah Dasar. Besar harapan kami agar siswa Sekolah Dasar dapat dilibatkan secara aktif dalam pelaksanaan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia Adaptif Merdeka,” tutur Ibnu, salah satu Finalis Duta Bahasa DKI Jakarta tahun 2024.


Laksanakan Siaran Langsung Bincang Ucil dan Lima Kali Audiensi

Ucil memiliki misi untuk mengenalkan, menyediakan media pembelajaran, serta model soal UKBI bagi pelajar SD agar kemahiran berbahasa mereka dapat sesuai dengan standar kemahiran berbahasa. Salah satu wujudnya ialah dengan menyelenggarakan kegiatan yang bisa diakses oleh semua pihak. Bincang Ucil (UKBI Cilik) merupakan siaran langsung Instagram sebagai perwujudan visi dan misi program Ucil dengan “Mahir Berbahasa Indonesia Sejak Dini: Penguatan UKBI pada Siswa Sekolah Dasar Menuju Indonesia Emas 2045”. Acara ini menghadirkan Muhamad Sanjaya (Tim KKLP UKBI Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa) dan Muhammad Rifai Hasbi (Terbaik I Putra Duta Bahasa Nasional 2023) dan terlaksana pada Selasa, 28 Mei 2024.

red
Siaran Langsung Instagram Bincang Ucil.

Tim Krida Ucil juga telah melaksanakan beberapa kegiatan audiensi, yaitu Audiensi bersama Tim KKLP UKBI Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa pada Minggu, 5 Mei 2024; Audiensi bersama Forum Anak Jakarta pada Sabtu, 15 Mei 2024; Audiensi bersama Rumah Ramah Anak dan Perempuan pada Minggu, 26 Mei 2024; Audiensi bersama Direktorat Pemenuhan Hak Anak, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) pada Senin, 27 Mei 2024; serta Audiensi bersama Dedikasi untuk Negeri pada Selasa, 28 Mei 2024. Kegiatan audiensi ini bertujuan untuk mengakomodasi saran dan tanggapan dari pihak-pihak terkait mengenai program Ucil. Harapannya, program Ucil dapat menjadi wadah yang tepat untuk memperkenalkan model soal UKBI kepada siswa di jenjang SD dan memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat luas.

red
Audiensi bersama KemenPPPA.

Baca juga: Bahasa Diplagiat, Indonesia Gugat Brunei ke Dewan Bahasa

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!