NUSANTARA

Warga Syiah Sampang Bersepeda Ke Jakarta

Sebanyak lima orang warga pengungsi Syiah Sampang, Jawa Timur melakukan aksi bersepeda ke Jakarta untuk bertemu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

AUTHOR / Petrus Riski

Warga Syiah Sampang Bersepeda Ke Jakarta
warga syiah sampang, bersepeda, portalkbr


KBR68H, Surabaya - Sebanyak lima orang warga pengungsi Syiah Sampang, Jawa Timur bersepeda ke Jakarta untuk bertemu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Mereka akan mengadukan ketidakjelasan nasib warga Syiah yang harus mengungsi.

Salah satu warga Syiah yang ikut bersepeda, Mohammad Rosyid mengatakan, dirinya mewakili warga Syiah Sampang yang ingin menuntut perlakuan yang sama sebagai warga negara, yang tidak dapat diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Sampang maupun Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

“Kita menuju ke Jakarta karena menuntut hak kami sebagai warga Indonesia. Bagaimana kami bisa pulang ke warga (kampung). Karena saya sebagai warga negara Indonesia dan bagaimana tuntutan kami ini sebagai perlindungan, keamanan, kedamaian, ketenteraman, dan kesejahteraan. Bagaimana hak-hak kami ini bisa kembali lagi ke semula,” jelas Mohammad Rosyid.

Salah satu warga Syiah yang ikut bersepeda, Mohammad Rosyid. Aksi bersepeda dilakukan mulai dari depan gedung negara Grahadi di Surabaya menuju Istana Negara di Jakarta. Saat ini ratusan warga Syiah masih terusir dari kampung halamannya di Desa Karanggayam dan Desa Blauran, Kabupaten Sampang. Mereka mengungsi di GOR Sampang sejak diserang kelompok anti Syiah pada Agustus tahun lalu.


Editor: Nanda Hidayat

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!