NUSANTARA

Tour de Ijen, Pembalap Australia Raih Yellow Jersey Etape Pertama

"Tour de Ijen ini adalah tour terbaik di Indonesia."

AUTHOR / Hermawan Arifianto

EDITOR / Rony Sitanggang

Tour de Ijen
Pembalap Australia Cavanagh Ryan selebrasi finis tercepat pada Etape 1 Tour de Ijen di Banyuwangi, Jatim, Senin (22/07/24).(Antara/Budi Candra)

KBR, Banyuwangi-   Pembalap asal Australia, Ryan Cavanagh, dari Kinan Racing Team, Jepang, menjadi yang tercepat pada etape pertama Internasional Tour de Banyuwangi Ijen (ITDBI) 2024. Ryan menempuh rute sejauh 136,2 kilometer dengan catatan waktu 2 jam 45 menit dan 12 detik. Kemenangan ini membuat Ryan berhak atas Ijen Sulfur Jersey atau Yellow Jersey sebagai tanda pimpinan balapan.

Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Aryotejo menyaksikan langsung ajang balap sepeda dunia tersebut. Kata dia, ITDBI dianggap sebagai sarana para atlet dalam mengukir prestasi. Selain itu Tour de Ijen ini akan mampu memotivasi masyarakat untuk terus berolahraga.

"Jadi kita sangat mengikuti yang namanya tour- tour yang dulu sering diadakan. Ada Ijen, Singkarak, Tour de Singkatak, Tour de Molukas, Tour de Indonesia, dan dari waktu itu memang Tour de Ijen ini adalah tour terbaik di Indonesia. Jadi memang ini harus kita support lagi kehadiran pemerintah pusat harus hadir sebagai bentuk apresiasi,"ujar Dito Aryotejo Senin (22/7/2024) di Banyuwangi.

Di etape pertama ini para pembalap melaju dari SMKN Tegalsari, Kecamatan Tegalsari menuju kantor Pemkab Banyuwangi dan disuguhi tiga titik intermediate sprint, yakni di KM 42,4 Kalipait, KM 66,8 Kantor Camat Srono, dan KM 97,2 Karangsari.

Baca juga:

Pada kilometer 40 terdapat dua pembalap Max Campbel CCACHE X PAR KUP dan Zakaria Akmal Hakim dari Malaysia Pro Cycling yang melakukan breakaway. Namun kedua pembalap tersebut berhasil disergap kembali oleh peloton atau grup utama.

Namun di kilometer 60, sembilan pembalap melakukan breakaway dan menjadi leading group. Mereka tak terkejar oleh rombongan besar hingga garis finish.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!