NUSANTARA

Tanpa Kawalan Polisi, Jemaat Ahmadiyah Sholat Ied Dengan Tenang

KBR, Jakarta - Jemaat Islam Ahmadiyah Ciamis, Jawa Barat Jumat (28/7/2014) hari ini bisa melaksanakan sholat Idul Fitri di Masjid Nur Khilafat dengan tenang.

AUTHOR / Sindu Darmawan

Tanpa Kawalan Polisi, Jemaat Ahmadiyah Sholat Ied Dengan Tenang
Ahmadiyah, Sholat, Ied

KBR, Jakarta - Jemaat Islam Ahmadiyah Ciamis, Jawa Barat Jumat (28/7/2014) hari ini bisa melaksanakan sholat Idul Fitri di Masjid Nur Khilafat dengan tenang. Masjid tempat ibadah mereka sebelumnya disegel oleh kelompok intoleran. Pengurus Jemaat Ahmadiyah Ciamis, Padhal Ahmad mengatakan, tidak ada aparat kepolisian yang berjaga saat mereka beribadah. Meski begitu mereka merasa aman dalam menjalankan ibadahnya. Sholat Ied tahun ini diikuti oleh 100-an jemaat dengan mengambil tema ceramah Idul Fitri soal menjauhkan diri dari godaan setan untuk meraih hidup yang hakiki.

"Iya, kalau gangguan tidak ada. Dan penjagaan pun tidak ada. Jadi biasa saja. Berjalan seperti biasa. Kita selama ini sering ada penjagaan, tapi hari ini enggak, jadi biasa saja, jadi tenang banget. Ya, seperti itulah lebih merasa aman."

Sebelumnya, beberapa pekan lalu masjid Nur Khilafat milik jemaat Ahmadiyah Ciamis, Jawa Barat disegel pemerintah setempat. Penyegelan ini dilakukan atas desakan ormas intoleran. Keputusan ini direstui musyarawah pimpinan daerah lainnya. Sejak masjid disegel, jemaat melakukan ibadah shalat lima waktu di teras masjid. Atas penyegalan itu, jemaat Ahmadiyah membuka kembali segel masjid dan melakukan ibadah seperti biasa hingga kini.


Editor: Luviana

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!