NUSANTARA

Tahun Depan, Bogor Barat Jadi Kabupaten

KBR68H, Bogor

AUTHOR / Rafik Maeilana

Tahun Depan, Bogor Barat Jadi Kabupaten
bogor barat, kabupaten, tahun depan

KBR68H, Bogor – Wilayah Bogor bagian barat bakal segera menjadi Kabupaten Bogor Barat dalam waktu dekat. Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Kota Bogor, Ade Ruhendi mengatakan, tahap pemekaran saat ini hampir selesai. Kata dia,  pemekaran wilayah Bogor Barat tersebut ditargetkan tuntas awal tahun 2014, mendatang.

“Kalau sudah RUU, masuk ke meja Presiden, tentu Pemerintah Pusat dan DPR RI akan membuat Undang-undang. Undang-undang terkait dengan Daerah Otonomi Baru (DOB), setelah itu diparipurnakan kembali, setelah itu selesai. 2014 sudah selesai, ini tinggal satu tahap lagi, ” katanya kepada para wartawan, Jumat (25/10).

Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Ade Ruhendi menambahkan, saat ini tercatat, 14 kecamatan dan 166 desa yang akan masuk dalam wilayah Kabupaten Bogor Barat. Pada bulan Desember ini, pemerintah sedang melakkukan pengaturan porsi calon-calon Pegawai Negeri Sipil yang akan ditarik ke Bogor Barat.

Wacana pembentukan Bogor Barat  sudah ada sejak 2001 bahkan lebih awal dari daerah lain yang kini sudah mekar. Berdasarkan kajian pada 2009, Kabupaten Bogor Barat diprediksi bisa mendapatkan pendapatan asli daerah (PAD) mencapai Rp60 miliar dari galian, perkebunan, dan pertanian. Termasuk, bagi hasil dari Chevron Rp29 miliar.

Editor: Doddy Rosadi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!