NUSANTARA

Sapi Kurban Jokowi, Rutin Minum Vitamin dan Obat Cacing

Sapi itu diberi nama Satrio Bimo, dan rencananya akan disembelih pada Iduladha 1445 H.

AUTHOR / Ken Fitriani

EDITOR / Sindu

Sapi Kurban Jokowi, Rutin Minum Vitamin dan Obat Cacing
Satrio Bimo, sapi bantuan Presiden Jokowi yang akan disembelih di Kab. Kulon Progo pada Iduladha, di Kepatihan Yogyakarta, Jumat, 14 Juni 2024. Foto: KBR/Ken F

KBR, Yogyakarta- Sapi kurban bantuan Presiden Joko Widodo untuk Kabupaten Kulon Progo, wajib diberi vitamin dan obat cacing serta cek kesehatan, saban tiga bulan.

Sapi Peranakan Ongole dengan berat 934 kilogram tersebut, dibeli dari Zuli Nuryanto. Ia adalah peternak di wilayah Pedukuhan Depok Kelurahan Wonolelo, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Sapi itu diberi nama Satrio Bimo, dan rencananya akan disembelih pada Iduladha 1445 H.

Zuli sang peternak merasa bangga karena terpilih menjadi salah satu pemasok sapi bantuan presiden dengan mekanisme yang tidak terlalu berat.

"Dalam arti sepuluh (sapi) semua bagus semua, diseleksi, setelah dari pemeriksaan kesehatan dari PPVET Wates sana sapi ini terpilih, sesuai yang dikersake (diinginkan-red) RI 1," katanya saat ditemui di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Jum'at, (14/6/2024).

Usia Sapi

Selain wajib diberi vitamin dan obat cacing serta cek kesehatan, yang paling penting dalam pemeliharaan sapi jumbo adalah kebersihan kandang.

"Vitamin tiap 3 bulan sekali itu, vitamin dari dokter nanti kita suntikkan takarannya sesuai berat badan sapi itu. Vitamin sama obat cacing itu," ujarnya.

Zuli membeli dari pedet (anak sapi) saat umur sepuluh bulan. Lalu, ia memeliharanya dua tahun lebih sedikit.

"Jadi, umur total sapi 3 tahun lebih sedikit. Untuk poel (gigi tanggal-red) masih tiga pasang, masih muda banget. Rata-rata sapi itu 5-7 tahun (beratnya hampir 1 ton) , tapi baru tiga tahun seperti ini beratnya," jelasnya.

Bantuan Sapi Kurban

Sementara itu, Wakil Gubernur DIY, Paku Alam X mengatakan, pada Iduladha 2024, pemda menyalurkan bantuan satu ekor sapi dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, dan tujuh ekor sapi dari gubernur dan wakil gubernur Yogyakarta.

"Bantuan yang diserahkan sebagai hewan kurban ke lima kabupaten/kota se-DIY, Masjid Gedhe Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, dan Masjid Ageng Puro Pakualaman," pungkasnya.

Baca juga:

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!