NUSANTARA

Ribuan Keluarga Miskin di Balikpapan Dicoret sebagai Peserta BPJS

Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan mencoret ribuan kelurga miskin (gakin) sebagai peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

AUTHOR / Teddy Rumengan

Ribuan Keluarga Miskin di Balikpapan Dicoret sebagai Peserta BPJS
Keluarga Miskin, Balikpapan, Peserta BPJS

KBR68H, Balikpapan - Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan mencoret ribuan kelurga miskin (gakin) sebagai peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Dyah Muryani mengatakan, warga yang dicoret sebagai peserta BPJS karena sudah tidak lagi masuk kriteria gakin yang iurannya ditanggung Pemkot Balikpapan, termasuk yang meninggal dan pindah.

Kata dia, warga yang dicoret, digantikan dengan warga miskin lainnya, sehingga tidak terjadi perubahan data peserta BPJS di Balikpapan yang hingga kini mencapai 93 ribu. Data tersebut, sudah diserahkan ke Pemerintah Pusat.

"Yang lima ribu itu, yang orang sudah meninggal, yang sudah pindah, dari pendataan kami dengan kelurahan dan RT, dan itu sudah kami berikan (data) itu ke pusat, makanya nanti akan disampaikan surat per kelurahan melalui kecamatan, data-data Jamkesmas yang sudah update," kata Dyah Muryani, Rabu (2/4).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Dyah Muryani menyebutkan dari sekitar 17 ribu jumlah gakin di kota itu, baru 10 ribu yang masuk sebagai peserta BPJS. Sisanya sedang diusahakan masuk sebagai peserta BPJS.

Editor: Anto Sidharta

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!