NUSANTARA

Puluhan Eks Pimpinan NII Bersumpah Setia ke NKRI

Ada beberapa anggota NII yang menyampaikan niat sama usai proses ikrar janji setia diunggah ke media sosial.

AUTHOR / Arie Nugraha

Puluhan Eks Pimpinan NII Bersumpah Setia ke NKRI
Proses ikrar setia puluhan pimpinan Negara Islam Indonesia (NII) di Bandung, Jawa Barat, Minggu, 27 Agustus 2023. Foto: jabarprov.go.id

KBR, Bandung- Puluhan eks pimpinan Negara Islam Indonesia (NII) telah bersumpah setia bergabung kembali ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Upacara ikrar janji setia 31 pimpinan NII itu dilakukan di kantor Gubernur Jawa Barat, Minggu, 27 Agustus 2023. 

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengaku ada beberapa anggota NII yang menyampaikan niat sama usai proses ikrar janji setia itu diunggah.

"Ya, NII sudah saya baiat kembali setia kepada NKRI dari wakil gubernur sampai lurah dan panglima dalam jabatan mereka. Dan saya sudah posting kalau ada yang mau insyaf segera lapor untuk berikrar kembali. Alhamdulillah ada lebih dari 10 nelpon ke kontak nomor kita, untuk ikut di gelombang berikutnya, untuk ikrar," ujar Ridwan Kamil di Bandung, Senin, 28 Agustus 2023.

Berdasarkan akun pribadi media sosial Ridwan Kamil, prosesi ikrar janji anggota NII itu berlangsung di Ruang Papandayan, Kantor Gubernur Jawa Barat yang lebih dikenal dengan Gedung Sate Kota Bandung.

Para pimpinan NII mengenakan kemeja putih berpeci dan berkerudung bagi perempuan. Mereka lalu mengucapkan ikrar kembali ke NKRI secara serentak.

"Apakah saudara-saudari siap kembali ke kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia?" tanya Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil mengungkapkan, setelah memimpin momen tersebut, para pimpinan NII kemudian menceritakan bagaimana selama puluhan tahun mereka melakukan makar.

"Saya memimpin dan menyaksikan langsung prosesi ini, dilanjutkan dengan testimoni bagaimana puluhan tahun mereka melakukan makar bawah tanahnya terhadap NKRI," kata Ridwan Kamil.

"Kepada mereka yang bertobat negara akan merangkul, memberikan perlindungan dan solusi-solusi bagi masa depan mereka," imbuhnya.

Ridwan Kamil berharap, para anggota NII yang lain dapat segera berikrar janji setia kepada NKRI.

"Jika sudah siap kembali ke pangkuan NKRI hubungi Bakesbangpol Jabar," tukas Ridwan Kamil.

Baca juga:

Editor: Sindu

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!