NUSANTARA

PT.KAI Ajak Masyarakat Beli Kartu Multitrip

PT. Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat pembelian kartu perjalanan jamak atau multitrip Kereta Api Listrik (KRL) saat ini mencapai 150 ribu.

AUTHOR / Novaeny Wulandari

PT.KAI Ajak Masyarakat Beli Kartu Multitrip
PT.KAI, Multitrip, tarif progresif

KBR68H, Jakarta - PT. Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat pembelian kartu perjalanan jamak atau multitrip Kereta Api Listrik (KRL) saat ini mencapai 150 ribu. Menurut Juru Bicara Daop I Jakarta, Sukendar, banyak penumpang yang sudah beralih menggunakan kartu tersebut. Kata dia, peralihan ini membuat antrian loket berkurang, sejak pemberlakuan tarif progresif.

"Diharapkan beli kartu langganan, jadi terurai semua kartu langanan multi trip, sehingga antrian tidak panjang. Ini multi trip ini harganya Rp 50.000, jadi kartunya sendiri Rp 20.000 itu bisa ditambah top up ya. Seperti kita beli pulsa, yang Rp 30.000 itu pulsanya. Jadi untuk bolak balik Jakarta-Bogor Rp 5000, Jakarta-Manggarai dan seterusnya," ujar Sukendar saat dihubungi KBR68H.

Juru Bicara DAOP I Jakarta, Sukendar menambahkan, kartu multitrip dapat dibeli di 66 stasiun kereta KRL maupun ekonomi. Dia berharap, seluruh penumpang memmanfaatkan kartu tersebut, sehingga tidak perlu mengantri tiket KRL di stasiun.

Sebelumnya, PT. KAI menetapkan tarif progresif untuk KRL sejak 1 Juli kemarin. Tarif commuter line yang tadinya Rp 8 ribu menjadi Rp 2 ribu untuk lima stasiun pertama dan bertambah hanya Rp 500 untuk tiap stasiun berikutnya. Akibat turunnya harga tiket tersebut, PT. KAI mengklaim banyak pengendara kendaraan pribadi beralih ke moda transportasi massal itu.

Editor: Suryawijayanti 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!