NUSANTARA

Promosi Susu Formula Ancam Sosialisasi ASI

Gencarnya promosi produk susu formula bisa menghambat sosialisasi air susu ibu (ASI) eksklusif di kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Promosi susu formula tak hanya melalui televisi, tetapi langsung kepada para ibu, kader Posyandu dan tenaga kesehatan.

AUTHOR / Radio R2B Rembang

Promosi Susu Formula Ancam Sosialisasi ASI
asi, susu formula

Gencarnya promosi produk susu formula bisa menghambat sosialisasi air susu ibu (ASI) eksklusif di kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Promosi susu formula tak hanya melalui televisi, tetapi langsung kepada para ibu, kader Posyandu dan  tenaga kesehatan.

Ketua Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia Jawa Tengah, Ramadani Yuniarco mengatakan, ada perawat dan bidan yang malah menyarankan penggunaan susu formula ketimbang ASI.

Padahal berdasarkan riset kesehatan, balita pengguna susu formula  rentan terkena penyakit kanker anak, jantung dan diabetes. Selain itu juga berisiko tehadap kesehatan mental.

Menurutnya, pemerintah daerah harus serius mendukung ASI eksklusif. Pasalnya, sudah ada Perbup pasal 18 dan 19 yang tenaga kesehatan maupun penyelenggara pelayanan kesehatan mempromosikan susu formula bayi. Kalau melanggar, pasal 20 mencantumkan sanksi teguran lisan, tertulis dan pencabutan izin.

Andri Purwantoro, selaku Program Koordinator Plan Indonesia Rembang, mengatakan,
banyak faktor seorang ibu enggan memberikan ASI eksklusif. Kalau sosialisasi diperbanyak, Andri ingin pesannya sampai ke masyarakat. Mulai dari bagaimana persiapan selama mengandung hingga sesudah melahirkan.


Sumber: http://radior2b.com/2012/12/18/sanksi-sampai-pencabutan-izin/

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!