NUSANTARA

Penyebab KPU Papua Dituding Tebang Pilih

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua dinilai tebang pilih saat merekrut anggota Tim seleksi KPUD di Kabupaten Paniai. Sebab, empat dari lima anggota Timsel KPU tersebut berasal dari satu distrik yakni distrik Agadide.

AUTHOR / Wagadei Paniai

Penyebab KPU Papua Dituding Tebang Pilih
KPU Papua, Tebang Pilih, KPUD Paniai

KBR68H, Paniai – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua dinilai tebang pilih saat merekrut anggota Tim seleksi KPUD di Kabupaten Paniai. Sebab, empat dari lima anggota Timsel KPU tersebut berasal dari satu distrik yakni distrik Agadide.

Tokoh Pemuda Paniai. Jengko Pigome menyarankan, Tim seleksi KPU harus berasal dari sejumlah distrik di Paniai.

“Jadi menurut saya, saya sangat tidak setuju, tidak terima dengan keputusan penentuan Tim Seleksi KPU kabupaten dari KPU Propinsi. Saya sangat tidak setuju karena itu praktek kedaerahan tidak memiliki jiwa nasionalis untuk menentukan ini (Tim Seleksi KPUD Kabupaten Paniai-Red),” ungkap Jengko Pigome.

Tokoh Pemuda Paniai, Jengko Pigome menambahkan, pengangkatan tim seleksi KPU Kabupaten Paniai pada 15 Agustus lalu juga tidak mewakili beberapa unsur yang ada di masyarakat, seperti Akademisi, LSM dan Pers.

Jengko menyebut, lima anggota tim seleksi yang baru di angkat oleh KPU Papua adalah Obaja Degei, Yermias Kadepa, Akila Kadepa dan Yulianus Pigome. Mereka semua berasal dari distrik Agadide. Sementara, Frengki Zonggonau berasal dari distrik Bibida. (Natan Pigai)

Editor: Anto Sidharta

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!