NUSANTARA

Pengungsi Rokatenda Terserang ISPA

AUTHOR / Wiwik Ermawati

Pengungsi Rokatenda Terserang ISPA
rokatenda, ispa, gunung meletus

KBR68H, Jakarta- Ratusan pengungsi Gunung Rokatenda, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur terserang penyakit ISPA atau gangguan pernapasan.

Penanggung Jawab Posko Pengungsian Gunung Rokatenda, Silfanus Tibo mengatakan hal tersebut dipicu karena para pengungsi menghirup debu di kawasan tempat pengungsian. Kata dia, saat ini ratusan pengungsi tersebut sudah dapat tertangani dengan baik oleh tim kesehatan di sana.

"Menurut data kemarin itu ada sekitar 127, kondisi mereka tidak masuk rumah sakit karena masih dalam gejala dan belum berbahaya. Jadi semua telah ditangani oleh tim kesehatan kami yang ada di posko kesehatan di tempat pengungsian itu," kata Silfanus saat dihubungi KBR68H, Sabtu (17/8).

Penanggung Jawab Posko Pengungsian, Silfanus Tibo menambahkan, selain ISPA, beberapa pengungsi juga mengalami penyakit diare, lantaran minimnya MCK yang dibangun. Saat ini ada sekitar seribuan pengungsi yang berada kantor lama Bupati Sikka. Pekan lalu gunung Rokatenda di Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali meletus dan sebabkan enam orang tewas tersapu awan panas.


Editor: Pebriansyah Ariefana

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!