NUSANTARA

Pengiriman Uang TKI di Bondowoso Capai Rp. 31 Miliar

KBR, Bondowoso

AUTHOR / Friska Kalia

Pengiriman Uang TKI di Bondowoso Capai Rp. 31 Miliar
tki, bondowoso, pengiriman

KBR, Bondowoso –  Transaksi pengiriman uang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) kepada keluarganya selalu terjadi peningkatan.  Hal tersebut juga terjadi di Bondowoso, Jawa Timur, Setiap tahun uang kiriman TKI kepada keluarganya mencapai Rp.31 miliar lebih.

Kasi Penyaluran dan Penempatan Tenaga Kerja, Dinas Tenaga Kerja Bondowoso, Joko Siswanto mengatakan, angka tersebut belum termasuk uang yang dibawa sendiri oleh TKI yang bekerja di luar negeri. Menurutnya, setiap tahun terjadi peningkatan uang kiriman TKI ke Bondowoso.

“ Uang yang dikirim masyarakat Bondowoso yang dikirim dari luar negeri sampai tahun 2013 mencapai Rp. 31 miliar. Itu belum termasuk uang yang dibawa sendiri oleh para TKI. Jadi angka tersebut kami dapat dari bank atau jasa pengiriman uang lainnya,” kata Joko Siswanto saat ditemui KBR, Selasa (13/5).

Joko Siswanto mengatakan, meningkatnya uang kiriman TKI asal Bondowoso dari luar negeri dipengaruhi oleh naiknya upah TKI. Disnaker Bondowoso mencatat, kiriman uang dari TKI ke Bondowoso tahun ini meningkat dibandingkan tahun 2012 yang hanya mencapai Rp. 24 miliar.

Diperkirakan, tahun ini angka kiriman uang TKI asal Bondowoso akan meningkat seiring dibukanya moratorium TKI ke Arab Saudi oleh Pemerintah Indonesia. Sampai saat ini Disnaker mencatat sekitar 100 orang lebih telah mendaftar untuk bekerja sebagai TKI di luar negeri.


Editor: Luviana

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!