NUSANTARA

Pengetatan Impor Buah Tak Berdampak Pada Harga Apel Malang

Pengetatan impor buah dan sayur belum memicu kenaikan harga jual apel di Kota Malang, Jawa Timur. Hingga kini, harga apel di Malang masih tetap, yakni berkisar Rp 4.500 - Rp 5.000 per kilogramnya di tingkat petani.

AUTHOR / Dina Cahyatiningsih

Pengetatan Impor Buah Tak Berdampak Pada Harga Apel Malang
impor, buah, harga, apel, malang

KBR68H, Malang – Pengetatan impor buah dan sayur belum memicu kenaikan harga jual apel di Kota Malang, Jawa Timur. Hingga kini, harga apel di Malang masih tetap, yakni berkisar Rp 4.500 - Rp 5.000 per kilogramnya di tingkat petani.

Ketua Kelompok Tani Makmur Abadi Suharno mengatakan harga jual apel jenis Manalagi, Anna dan Rome Beauty masih sama. Hanya harga apel jenis baru Hwang Lien saja yang harganya mencapai Rp 8.000 per kilogramnya.

“Konsumen di Indonesia umumnya lebih menyukai apel local, apel lokal itu ramah pestisidanya,masih segar, kalau apel import ka nada lapisan lilinya untuk pengawet maka dari itu biarpun apel import datang apel kita itu tetap eksis, kalo kenaikan harga sekarang cenderung konstan,” katanya.

Hasil produksi apel di Batu, Malang, dan Pasuruan ini tidak di ekspor ke luar negeri. Ini karena produksi yang ada belum mencukupi kebutuhan apel di dalam negeri. Kata Suharno, dari seluruh Indonesia permintaan apel paling banyak berasal dari kawasan Indonesia bagian Timur.


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!