NUSANTARA

Penambangan Batu Kali Penyebab Longsor Di Trenggalek

KBR68H, Trenggalek - Pemerintah Trenggalek Jawa Timur menyatakan kegiatan penambangan batu kali secara besar-besaran menjadi penyebab tiga rumah longsor di bantaran sungai Nglinggis Kecamatan Tugu.

AUTHOR / Adhar Muttaqin

Penambangan Batu Kali Penyebab Longsor Di Trenggalek
longsor, sungai, Trenggalek, tambang batu

BR68H, Trenggalek - Pemerintah Trenggalek Jawa Timur menyatakan kegiatan penambangan batu kali secara besar-besaran menjadi penyebab tiga rumah longsor di bantaran sungai Nglinggis Kecamatan Tugu. Penambangan dilakukan oleh warga sekitar kecamatan. Kepala Bidang Pengairan, Dinas Binamarga dan Pengairan Kabupaten Trenggalek, Juwari Purna mengatakan, pengambilan batu kali tersebut menyebabkan arus sungai menjadi deras sehingga mudah mengikis tebing yang ada di tepi bantaran sungai.

"Itu memang penyebabnya karena banyaknya batu-batu diambili, itulah yang menyebabkan kerawanan, tapi ya mau bagaimana lagi terserah kebijakan pimpinan nanti seperti apa. kalau upaya kami akan mengamankan tebing-tebing itu dengan bronjong," kata Juwari Purna.

Juwari Purna mengaku tidak berani melarang warga untuk tidak menambang batu kali tersebut. Alasannya karena kegiatan itu sudah menjadi mata pencaharian warga sekitar. Karena itu, Dinas Binamarga dan Pengairan pun berencana melakukan survei di sepanjang bantaran sungai Nglinggis dan membangun bronjong untuk menahan tebing.

Sebelumnya tebing setinggi 10 meter dengan panjang lebih dari 50 meter longsor, akibatnya tiga rumah yang ada diatasnya ikut terbawa longsor hingga ke dasar sungai. 21 warga yang menghuni rumah tersebut terpaksa mengungsi ke rumah tetangga.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!