NUSANTARA

Pemkab Paniai Siapkan Kartu Sehat untuk Warga

Pemkab Paniai, Papua, akan mengalokasikan 30 persen dari Rp 70 miliar dana Otonomi Khusus (Otsus) tahun ini untuk program kesehatan.

AUTHOR / Radio Swara Nusa Bahagia

Pemkab Paniai Siapkan Kartu Sehat untuk Warga
Pemkab Paniai, Kartu Sehat

KBR68H, Jayapura- Pemkab Paniai, Papua, akan mengalokasikan 30 persen dari Rp 70 miliar dana Otonomi Khusus (Otsus) tahun ini untuk program kesehatan.

Bupati Paniai, Hengky Kayame mengatakan salah satu program yang akan dilakukan adalah memberlakukan kartu sehat bagi warga setempat, baik Papua dan non Papua.

“Kami juga kasih, kartu rumah sakit, kartu sehat. Ada kartu tanpa bayar. (Alokasi khusus untuk kesehatan sendiri berapa dengan adanya kartu sehat?) Tahun ini sekitar 70-an miliar. (Berapa persen untuk kesehatan?) kesehatan tuh 30 persen. Jadi kami mau sehat dulu,” katanya.

Bupati Paniai, Hengky Kayame menambahkan, alokasi kesehatan lainnya yang akan dilakukan adalah penambahan dokter Pegawai Tidak Tetap (PTT) dan peningkatan fasilitas di rumah sakit setempat.

Sedangkan, penyakit yang paling banyak diderita warga setempat adalah Infeksi Saluran Pernafasan Akut  (ISPA) dan  malaria. Pihaknya juga mengklaim angka HIV/AIDS di daerahnya tinggi. (Katharina Lita)

Editor: Anto Sidharta

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!