NUSANTARA

Pemerintah Semarang Pastikan Sistem Penerimaan Siswa Transparan

KBR, Semarang- Kepala Bidang Monitoring dan Pengembangan Dinas Pendidikan Kota Semarang Taufik Hidayat mengatakan bahwa Dinas Pendidikan Kota Semarang menjamin tidak adanya praktik siswa titipan maupun tindak kecurangan lain dalam pelaksanaan Penerimaan P

AUTHOR / Nurul Iman

Pemerintah Semarang Pastikan Sistem Penerimaan Siswa Transparan
semarang, penerimaan, transparan

KBR, Semarang- Kepala Bidang Monitoring dan Pengembangan Dinas Pendidikan Kota Semarang Taufik Hidayat mengatakan bahwa Dinas Pendidikan Kota Semarang menjamin tidak adanya praktik siswa titipan maupun tindak kecurangan lain dalam pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik (PPD) 2014.

Taufik menambahkan dengan sistem online, potensi terjadinya tindak kecurangan dalam pelaksanaan PPD bisa diantisipasi, termasuk siswa titipan dan manipulasi nilai agar bisa diterima di sekolah favorit. Semua orang bisa mengontrol karena sistemnya terbuka.

“Jadi, tidak bisa macam-macam, misalnya manipulasi nilai, dan sebagainya. Perolehan nilai kan bisa dicek dalam sistem," tambahnya.
Taufik menjelaskan sistem PPD tahun ini memang berbeda dari tahun lalu karena tidak hanya melihat nilai ujian nasional (UN) siswa, melainkan nilai sekolah siswa juga ikut menjadi pertimbangan. Penilaiannya, komposisi nilai UN dan nilai sekolah berbanding 70:30.

“Hal ini tidak bisa dimanipulasi karena nilai UN dan nilai sekolah tercantum dalam surat keterangan hasil UN (SKHUN)," pungkas Taufik Hidayat.


Editor: Luviana

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!