NUSANTARA

Pemda Rembang dan Semen Gresik Latih Calon Tenaga Kerja

Semen Gresik Foundation mulai merintis calon tenaga kerja yang akan mengisi lowongan di pabrik semen Gunem Rembang. Perusahaan bekerja sama dengan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan Dinas Pendidikan menggelar pelatihan bagi 135 siswa dari seju

AUTHOR / Radio R2B

Pemda Rembang dan Semen Gresik Latih Calon Tenaga Kerja
Semen Gresik, Tenaga Kerja

KBR68H, Rembang - Semen Gresik Foundation mulai merintis calon tenaga kerja yang akan mengisi lowongan di pabrik semen Gunem Rembang. Perusahaan bekerja sama dengan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan Dinas Pendidikan menggelar pelatihan bagi 135 siswa dari sejumlah sekolah menengah kejuruan (SMK).

Ketua Pengurus Semen Gresik Foundation Sesetyoko Suwandi mengatakan, selesai kegiatan peserta latihan akan ditawari dua alternatif. Opsi pertama bisa mengikuti proses seleksi tenaga kerja, bersaing secara terbuka dengan pendaftar lainnya, namun lulusan SMK lokal Rembang tetap akan diprioritaskan. Sedangkan opsi kedua, jika enggan ikut seleksi, bisa mengembangkan kewirausahaan di bawah binaan Semen Gresik Foundation.

Sebelumny, kemarin pendidikan dan pelatihan permesinan, pengelasan dan instalasi listrik resmi dibuka oleh Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Rembang, Waluyo. Pendidikan dilakukan di aula kantor Dinsosnakertrans Jl Pemuda. Pelatihan berlangsung hingga tanggal 15 Februari 2013, dibagi dalam tiga gelombang.

Waluyo meminta kepada peserta memanfaatkan momentum ini, karena ada peluang bekerja di pabrik PT Semen Gresik tahun 2015. Harapannya kelak pemuda pemuda Rembang tidak sekedar menjadi penonton di daerah sendiri, tetapi harus menjadi pemain, sehingga keberadaan pabrik dimanfaatkan mengurangi angka pengangguran.

Waluyo menambahkan pihaknya telah mengerahkan sejumlah instruktur terlatih, untuk membimbing para siswa.

Selain dari SG Foundation, rangkaian program pelatihan siap dijalankan sepanjang tahun ini melalui Balai Latihan Kerja, dengan sokongan anggaran daerah dan pusat. Ia mempersilahkan kepada masyarakat kabupaten Rembang mendaftarkan diri.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!