NUSANTARA

Pedagang Kuliner Daging Anjing di Solo Setop Berjualan Sementara

Ada beberapa warung yang berganti usaha daging hewan lain antara lain babi atau ayam.

AUTHOR / Yudha Satriawan

Pedagang Kuliner Daging Anjing di Solo Setop Berjualan Sementara
Salah satu warung kuliner penyedia daging anjjng di Solo, akhir Januari 2024. (Foto: KBR/Yudha satriawan)

KBR, Solo- Sebagian pedagang kuliner daging anjing di Solo, Jawa Tengah, tak berjualan untuk sementara waktu. Dari pantauan KBR di sejumlah lokasi, Kamis malam, 22 Februari 2024, warung yang menjual menu kuliner daging anjing memilih tutup sementara.

Lapak mereka tampak kosong. Bahkan, ada beberapa warung yang berganti usaha daging hewan lain antara lain babi atau ayam.

Wali Kota Solo Gibran mengatakan surat edaran (SE) imbauan tidak memperdagangkan dan mengkonsumsi daging anjing dibuat sebagai bentuk aspirasi publik.

"Yang jelas ini karena desakan dari warga agar perdagangan daging anjing, warung rica-rica gukguk ini ditindaklanjuti," ujar Gibran, Kamis sore, (22/2/2024).

Gibran menjelaskan Pemkot Solo sedang mencari solusi alih usaha bagi pedagang kuliner daging anjing di Solo. Semisal lewat pendampingan alih usaha dan penyertaan modal usaha baru.

19 Februari 2024, Pemkot Solo SE Wali Kota Solo Nomor TN.38/597/2024 tentang Imbauan Konsumsi Produk Pangan Asal Hewan yang Aman dan Sehat di Kota Solo.

Dalam surat imbauan itu dijelaskan kepada masyarakat untuk tidak mengonsumsi produk pangan asal hewan yang berasal dari hewan nonternak, misal anjing, kucing, dan kera, sebab berpotensi tertular zoonosis ecoli, salmonella, kolera, dan lainnya.

Beberapa daerah di sekitar Solo antara lain Sukoharjo dan Karanganyar sudah menerapkan SE tersebut. Pemda membantu modal sekitar Rp2 juta bagi pedagang daging anjing untuk alih usaha daging hewan ternak lain.

Baca juga:

Editor: Sindu

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • KULINER MASA KINI5 months ago

    Thank you for the information about culinary, it is very helpful, there are lots of culinary foods that are confusing, from really delicious typical foods that really shake the tongue from their satisfying texture and appearance, and there are also the strangest foods, for other food information, don't miss out on visiting our website. https://legitsparrow92.wordpress.com/