NUSANTARA

PDIP: Pelantikan Ganjar Tidak Terganggu Meski Belum Mundur dari DPR

KBR68H, Jakarta -PDI Perjuangan meyakini pelantikan Gubernur terpilih Ganjar Pranowo tidak terganggu, meski tanpa surat pengunduran diri dari DPR.

AUTHOR / Danu Mahardika & Sinta Ardhani

PDIP: Pelantikan Ganjar Tidak Terganggu Meski Belum Mundur dari DPR
ganjar pranowo, pelantikan gubernur, jawa tengah, PDI Perjuangan

KBR68H, Jakarta -PDI Perjuangan meyakini pelantikan Gubernur terpilih Ganjar Pranowo tidak terganggu, meski tanpa surat pengunduran diri dari DPR. Ketua DPP PDI Perjuangan Eva Kusuma Sundari mengatakan, kemungkinan surat pengunduran diri Ganjar belum sampai di Sekretariat DPR. Dia yakin masalah administrasi seperti ini tidak akan mengganggu reputasi Ganjar sebagai Gubernur. Ganjar sendiri akan resmi dilantik besok.

"Aku melihatnya tidak seperti itu. Tidak ada yang dirugikan dalam situasi sekarang itu. Ini hanya etik. Apalagi kalau hanya masalah administrasi karena belum sampai (suratnya) itu kan sesuatu yang tidak bisa jadi isu. Sepanjang dia tidak menggunakan dana yang sama untuk dua jabatan publik maka dia boleh. Tapi jika kemudian dia menerima gaji dobel ya, DPR terima, Gubernur terima nah itu yang tidak boleh," jelasnya saat dihubungi KBR68H, Kamis (22/8)

Sebelumnya Sekretaris Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat, Winantuningtyastiti Swasanani mengaku belum menerima surat pengunduran diri Ganjar Pranowo sebagai anggota dewan hingga saat ini. Itulah sebabnya kata dia, DPR masih belum bisa memberhentikan Ganjar Pranowo sebagai anggota dewan. Meskipun demikian, pihaknya berjanji tidak akan menghambat pelantikan Ganjar Prnowo sebagai Gubernur Jawa Tengah yang akan berlangsung pada hari Jumat ini.

Sementara itu, Kepolisian Jawa Tengah menyiapkan 1300 personil untuk mengamankan pelantikan gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan wakilnya Heru Sudjatmoko. Pelantikan akan berlangsung di Gedung DPRD Jawa Tengah besok. Kapolda Jawa Tengah Dwi Priyatno mengatakan, fokus pengamanan tedapat di halaman gedung DPRD yang menjadi lokasi pasar rakyat. Polisi khawatir pelantikan disusupi orang tidak bertanggung jawab. Apalagi pelantikan Ganjar dibarengi dengan isu penolakan rencana pembangunan PLTU.

“Kalau kita tetap mengantisipasi bahwa ada beberapa yang mau unjuk rasa, kita antisipasi pendekatan persuasif, ada negosiator mengharapkan mereka lebih persuasif dengan apa yang mau disampaikan” ujar Dwi Priyatno.

Jelang pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Polda sudah menerapkan sterilisasi kawasan gedung DPRD Jawa Tengah mulai malam ini. Jalan protokol di depan gedung DPRD ditutup dan sudah dijaga ketat.

Editor: Doddy Rosadi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!