NUSANTARA

Pasca Letusan Kelud, Candi Borobudur Dibuka Kembali Untuk Wisatawan

Anda yang sudah lama urung pergi ke Candi Borobudur, kini mesti merasa lega. Candi Borobudur yang sudah sepekan ditutup untuk wisatawan, kini mulai dibuka kembali.

AUTHOR / Febriana Sinta

Pasca Letusan Kelud, Candi Borobudur Dibuka Kembali Untuk Wisatawan
kelud, borobudur

KBR68H, Yogyakarta - Anda yang sudah lama urung pergi ke Candi Borobudur, kini mesti merasa lega. Candi Borobudur yang sudah sepekan ditutup untuk wisatawan, kini mulai dibuka kembali. 


Wakil Kepala unit operasional wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Candi Boko, Aryono Hendro mengatakan pembersihan candi telah selesai dilakukan, sehingga wisatawan sudah bisa masuk candi bahkan dapat naik hingga ke lantai paling atas. 


“Jika kemarin sudah dibuka secara parsial sampai ke lorong tiga. Sekarang semua baik dari pintu dan lantai bawah sampai stupa sudah bisa diakses wisatawan,”  ujar Aryono Hendro.


Aryono menambahkan, selama masa pembersihan tidak ditemukan adanya kerusakan candi akibat terkena hujan abu vulkanik Kelud. Sementara untuk penjualan tiket masuk candi yang sebelumnya mendapatkan potongan 30% pada masa tanggap bencana, mulai Rabu (26/2) penjualan tiket sudah kembali normal.


Sebelumnya, selama kurang lebih sepekan Candi Borobudur ditutup untuk wisatawan. Penutupan dilakukan untuk proses pembersihan akibat hujan abu vulkanik Kelud yang terjadi sejak (14/2).


Selain Candi Borobudur, Candi Boko dan Prambanan di Jawa Tengah yang juga sempat ditutup karena abu Gunung Kelud juga akan dibuka kembali Jumat (28/2).


Editor: Antonius Eko 


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!