NUSANTARA

Partisipasi Warga Pati di Pilkada Jateng Rendah

Rendahnya tingkat partisipasi masyarakat di pemilu gubernur Jawa Tengah lantaran makin berkurangnya politik uang. Menurut Direktur LBH Advokasi Nasional Pati, Maskuri Alfaty, masyarakat sudah terbiasa dengan politik bagi-bagi uang. Sehingga, kata dia, ma

AUTHOR / Pas FM Pati

Partisipasi Warga Pati di Pilkada Jateng Rendah
Partisipasi Warga, Pati, Pilkada Jateng

KBR68H, Pati - Rendahnya tingkat partisipasi masyarakat di pemilu gubernur Jawa Tengah lantaran makin berkurangnya politik uang.

Menurut Direktur LBH Advokasi Nasional Pati, Maskuri Alfaty, masyarakat sudah terbiasa dengan politik bagi-bagi uang. Sehingga, kata dia, masyarakat enggan memungut suara kalau tidak ada duitnya.

“Faktor penyebab rendahnya partisipasi dan antusiasme tersebut, kata Maskuri Alfaty, karena kesadaran politik yang kurang, sikap apatis dan skeptis masyarakat terhadap Pilkada Cagub/Cawagub yang tidak punya kedekatan secara psikologis maupun emosional, masih kentalnya tradisi politik transaksional “RA WIT RA BOS” (ora ono duit ora nyoblos, artinya: tidak uang tidak nyoblos, red.),” jelas Direktur LBH Advokasi Nasional Pati.

Direktur LBH Advokasi Nasional Pati, Maskuri Alfaty menambahkan, sosialisasi yang kurang dari tim sukses pasangan calon ikut membuat tingkat partisipasi rendah. Ditambah lagi, masyarakat Pati yang merantau ke luar kota dan luar negeri.

Editor: Anto Sidharta

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!