NUSANTARA

PAD Kota Medan Baru 18 Persen dari Target

KBR68H, Medan - Kinerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kota Medan belum maksimal dalam menggali Pandapat Asli Daerah (PAD).

AUTHOR / Radio Star News

PAD Kota Medan Baru 18 Persen dari Target
PAD, kota medan, belum capai target, 18 persen


KBR68H, Medan - Kinerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kota Medan belum maksimal dalam menggali Pandapat Asli Daerah (PAD). Pasalnya, hingga kini PAD Kota Medan baru didapat sebesar 18% dari target yang dicanangkan sebesar Rp1,7 miliar. 

Hal itu terungkap dalam rapat dengar pendapat antara Komisi C DPRD Kota Medan dengan Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kota Medan, Senin (20/5).

Kepala BPKD Setdakota Medan, Irwan Ritonga, mengatakan saat ini masih banyak SKPD yang mencari PAD masih minim memberikan kontribusi.Dia mencontohkan, Dinas Kebersihan Kota Medan baru 5% memberikan PAD dari target sebesar sekitar Rp70 miliar lebih.
 
Begitu juga Dinas Pertamanan Kota Medan baru 20% dari target Rp68 miliar dan lainnya. Kata dia, beberapa SKPD masih minim memberikan sumbangan PAD sampai Mei 2013.

Selain itu, tunggakan dari Pemprovsu sebesar Rp500 miliar juga belum dibayarkan. Akibatnya, PAD Kota yang didapat digunakan untuk menutupi pembayaran pengerjaan sejumlah proyek 2012. Pasalnya, kondisi kas daerah tidak stabil.

“Utang Pemprov juga belum dibayar sampai saat ini. Tapi, kas daerah tidak pernah kosong," katanya.
 
Irwan meminta Komisi C DPRD Kota Medan memberikan tekanan atau desakan kepada SKPD yang menjadi mitranya khususnya mengelola PAD agar lebih giat lagi mengejar PAD.

"Kami mohon kepada komisi ini lebih memberikan streacing kepada mitra kerjanya dalam mengejar PAD," pintanya.

Terkait hal itu, anggota Komisi C DPRD Kota Medan, Ilhamsyah SH, menilai lemahnya penyerapan PAD membuktikan kinerja SKPD mengelola PAD, baik retribusi maupun pajak tidak beres. Pasalnya, sampai Mei 2013 didapat baru sebesar kurang lebih Rp300 miliar.

Sumber: Radio Star News

Editor: Doddy Rosadi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!