NUSANTARA

Mendesaknya Pilkada Mimika Putaran Kedua

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua menegaskan akan melaksanakan putaran kedua Pilkada Mimika pada Februari mendatang.

AUTHOR / Spedy Paereng

Mendesaknya Pilkada Mimika Putaran Kedua
KPU Papua, Pilkada Mimika, Putaran Kedua

KBR68H, Timika - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua menegaskan akan melaksanakan putaran kedua Pilkada Mimika pada Februari mendatang.

Ketua KPU Provinsi Papua, Adam Arisoy ketika dihubungi melalui telepon selulernya, Senin (20/1) menjelaskan, sebelumnya KPU Papua telah menjadwalkan pelaksanaan putaran kedua pada 25 Januari mendatang, namun karena hingga saat ini kebutuhan dana yang diusulkan belum juga dibahas Pemkab dan DPRD Mimika, maka dipastikan pelaksanaannya ditunda.

“Saat ini yang kami lakukan adalah bagaimana mempercepat fit and proper test calon anggota KPU Mimika. Nantinya mereka yang akan melaksanakan putaran kedua, bukan kami KPU Provinsi,” kata Adam.

Untuk urusan dana, lanjut Adam, pihaknya akan berkonsultasi dengan Pemerintah Provinsi Papua guna mencari solusi.

“Pilkada Mimika putaran kedua ini sudah sangat mendesak. Untuk itu setelah anggota KPU Mimika dilantik, maka selanjutnya kita akan mencari dana mana yang akan digunakan untuk pelaksanaan putaran kedua. Kami usulkan agar bisa digunakan dana melalui izin prinsip sehingga tidak perlu menunggu penetapan APBD,” jelasnya.

Meski demikian, Adam tidak menjelaskan secara rinci penggunan dana melalui izin prinsip, apakah menggunakan dana dari provinsi atau kabupaten.

Ia berharap, segala upaya yang dilakukan ini bisa mempercepat pelaksanaan putaran kedua Pilkada Mimika mengingat banyak agenda politik nasional yang harus dikerjakan oleh KPU Papua maupun Kabupaten.

Sebelumnya, KPU Provinsi Papua telah menjadwalkan pelaksanaan putaran kedua Pilkada Mimika pada 25 Januari mendatang. Namun karena hingga saat ini dana yang diusulkan belum juga dibahas antara eksektif  dan legislatif maka bisa dipastikan jadwal tersebut bisa tertunda. KPU membutuhkan dana sekitar Rp 23 miliar untuk melaksanakan putaran kedua ini.

Editor: Anto Sidharta

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!