NUSANTARA

Lereng Gunung Argopuro Terbakar, Pendakian Ditutup

Kawasan itu ditutup sejak 3 September 2024 hingga batas waktu yang belum ditentukan.

AUTHOR / Hermawan Arifianto

EDITOR / Wahyu Setiawan

Kawah Gunung Ijen
Petugas memantau kebakaran di lereng Gunung Argopuro di wilayah Kabupaten Situbondo, Senin (21/10/20119). (ANTARA/HO-BPBD Situbondo)

KBR, Situbondo - Aktivitas pendakian di kawasan Suaka Marga Satwa Dataran Tinggi Gunung Argopuro, Jawa Timur, ditutup. Penutupan dilakukan akibat kebakaran hutan dan lahan di kawasan tersebut. Kawasan itu ditutup sejak 3 September 2024 hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur Nur Patria Kurniawan mengatakan, penutupan kawasan Gunung Argopuro dilakukan untuk meminimalisir dampak risiko pengunjung.

Kata Dian, belum diketahui berapa luasan hutan yang terbakar. Sebab hingga saat ini proses pemadaman masih terus dilakukan.

Saat kebakaran, petugas sempat mengevakuasi enam pendaki yang terjebak di kawasan Gunung Argopuro.

"Itu ada enam tetapi kondisi pendakinya itu sudah mau turun jadi sama teman-teman naik, kemudian di jalur yang terakhir bisa naik motor itu, teman-teman sebagian ada yang naik motor biar lebih cepat akhirnya dievakuasi Alhamdulillah enam- enamnya di hari pertama itu sudah tidak ada masalah, sudah selamat sudah beres dibawa semua, terus kami tutup sorenya," ujar Nur Patria Kurniawan di Banyuwangi, Rabu (4/9/2024).

Nur Patria mengimbau masyarakat tidak memaksakan diri melakukan pendakian selama kawasan Gunung Argopuro ditutup.

Baca juga:

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!