BERITA

Kurun 2 Bulan, Empat Gunung di Jabar Terbakar

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat mencatat selama kurun dua bulan terakhir sebanyak empat kawasan hutan di gunung provinsi ini terbakar.

AUTHOR / Arie Nugraha

Kurun 2 Bulan, Empat Gunung di Jabar Terbakar
Kebakaran di Gunung Ciremai. Foto: dishut.jabarprov.go.id

KBR, Bandung - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat mencatat selama kurun dua bulan terakhir sebanyak empat kawasan hutan di gunung provinsi ini terbakar.

Kejadian ini terhitung dari akhir bulan Agustus dan September 2015, akibat musim kemarau yang berkepanjangan.


Menurut Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik, BPBD Jawa Barat, Budiman mengatakan pihaknya kini tengah fokus memadamkan Gunung Papandayan di Garut.



"Ya kami BPBD membantu penanggulangan bencana. Termasuk misalkan seperti Gunung Papandayan. Gunung Papandayan kan terbakar, belum selesai ini. BPBD memback-up juga orang - orang, relawan - relawan yang sedang memadamkan api di hutan Gunung Papandayan," ujarnya kepada KBR, Kamis (10/10).


Meski begitu Budiman menambahkan, ratusan anggotanya juga dikerahkan bersama polisi dan tentara, untuk membantu Dinas Kehutanan dalam pemadaman api di kawasan hutan di seluruh gunung.


Selain hutan Gunung Papandayan, terdapat juga gunung yang mengalami nasib serupa, yaitu Gunung Guntur, Gunung Ceramai dan Gunung Burangrang.





Editor: Quinawaty Pasaribu 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!