NUSANTARA

KPU Jogja Lantik 135 Panitia Pemungutan Suara

Persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 terus dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jogja. Setelah melantik anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), kini KPU melantik Panitia Pemungutan Suara (PPS).

AUTHOR / Radio Star Jogja

KPU Jogja Lantik 135 Panitia Pemungutan Suara
PPS, KPU DIY

KBR68H, Yogyakarta- Persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 terus dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jogja. Setelah melantik anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), kini KPU melantik Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan oleh Ketua KPU Kota Jogja, Selasa (9/4) pagi. PPS yang dilantik sebanyak 135 orang.

Dalam pelantikan itu hadir Wakil Walikota Jogja, Imam Priyono DP beserta 45 lurah se-Kota Jogja.

Nasrullah mengatakan menjalankan amanah sebagai petugas PPS merupakan pekerjaan teknis sederhana dan mudah, namun memerlukan kecermatan dan ketelitian.

“Dan yang paling penting adalah kejujuran dalam bekerja sebab tanggung jawab yang diemban cukup besar,” katanya seperti disebut dalam rilis yang dikirim KPU tadi pagi.

Ia menambahkan para anggota PPS merupakan orang-orang pilihan dari kelurahan yang dipilih karena dianggap layak mewujudkan suasana pemilu yang kondusif dan demokratis.

“Pemilu adalah jalan pergantian kekuasaan secara lazim. Karena itu, harus bisa terselenggara dengan demokratis. Untuk itu harus ada kompetisi yang sehat, dan harus ada penyelenggara pemilu yang independen, imparsial, dan profesional,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Jogja, Imam Priyono DP mengatakan, Pemerintah Kota Jogja akan mendukung sepenuhnya pemilu.

Tugas dan kewenangan anggota PPS yang dilantik ini meliputi membantu KPU dan PPK dalam pemutakhiran data pemilih, daftar pemilih, daftar pemilih sementara dan daftar pemilih tetap.

Selain itu juga membentuk KPPS, mengumumkan daftar pemilih, melaksanakan semua tahapan pemilu di daerahnya, mengumpulkan
hasil penghitungan dari semua TPS di wilayahnya, melakukan rekapitulasi dan mengumumkan hasil rekapitulasi hasil penghitungan suara dari seluruh TPS di wilayahnya.

Sumber: Radio Star Jogja

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!