NUSANTARA

Kota Mataram Bakal Luncurkan Kartu Sehat

Dalam rangka mendukung pelayanan kesehatan kelas III gratis bagi warga Kota Mataram, Pemkot berencana akan meluncurkan kartu sehat. Program itu akan dilaunching bersamaan dengan dimulainya pelayanan kesehatan kelas III gratis, pada HUT Kota Mataram, akhir

AUTHOR / radio Global FM Mataram

Kota Mataram Bakal Luncurkan Kartu Sehat
mataram, NTB, kartu sehat

KBR68H, Mataram - Dalam rangka mendukung pelayanan kesehatan kelas III gratis bagi warga Kota Mataram, Pemkot berencana akan meluncurkan kartu sehat. Program itu akan dilaunching bersamaan dengan dimulainya pelayanan kesehatan kelas III gratis, pada HUT Kota Mataram, akhir bulan ini. 


Sekretaris Daerah Kota Mataram Makmur Said menjelaskan, belum dipastikan apa nama kartu sehat yang akan diluncurkan Pemkot Mataram. Menurut Makmur, peluncuran kartu sehat ini penting dilakukan untuk mempermudah proses klaim, seperti halnya pada kartu jaminan kesehatan lain seperti Jamkesmas, Askes dan Jamsostek.


Pelayanan kelas III gratis ini nantinya akan melayani seluruh masyarakat kota Mataram yang berobat di kelas III. Saat ini Pemkot memperkirakan ada sejumlah 102.000 masyarakat yang belum memiliki kartu jaminan kesehatan, dengan asumsi 20 persen warga mampu, 40 persen berpenghasilan sedang dan 40 persen hampir miskin.


Sementara itu menurut Direktur RSUD Kota Mataram Lalu Herman Maha Putra, hingga saat ini tidak ada persiapan khusus yang dilakukan rumah sakit menghadapi pelayanan kesehatan kelas III gratis. Namun sebelum launching rumah sakit akan terlebih dahulu melakukan simulasi.


Menurut Herman, pelayanan yang dilakukan akan berlangsung secara berjenjang dari puskesmas, kemudian dirujuk ke rumah sakit. Ada beberapa kriteria tertentu yang akan ditetapkan, penyakit-penyakit yang boleh dirujuk dan penyakit-penyakit yang bisa dilayani di puskesmas. 


Sumber: radio Global FM Mataram 


Editor: Antonius Eko 


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!