NUSANTARA

Kepala Keluarga Miskin yang Merokok Dicoret dari Daftar Penerima BLSM

KBR68H, Balikpapan

AUTHOR / Johan Rumengan

Kepala Keluarga Miskin yang Merokok Dicoret dari Daftar Penerima BLSM
BLSM, keluarga miskin, merokok

KBR68H, Balikpapan – Keluarga miskin (gakin) yang kepala keluarganya perokok akan dihapus dari daftar penerima bantuan langsung sementara (BLSM) tahap kedua. Saat ini Badan Pusat Statistik tengah memeriksa kebenaran data calon penerima dana BLSM tersebut.

Kepala Badan Pusat Statistik Balikpapan Syahruni mengatakan, lembaganya menambah satu kriteria untuk menentukan rumah tangga sasaran kelurga miskin yang layak menerima BLSM yakni bukan keluarga perokok .

“Gakin pendapatanya berapa sih, misalnya 1 juta, rokoknya satu hari satu bungkus 700 ribu (sisanya), nanti biaya pendidikkan (anaknya) terganggu dengan rokok kan. Memang sih ngerokok itu kebebasan orang per orang, tetapi paling tidak dengan adanya program pemerintah dengan mengangkat harkat dan martabat kelurag miskin, ya paling tidak kepala rumah tangga gakin itu bebas rokok dong, pengeluaran dia itu tidak dibebani rokok,” kata Syahruni.

Kepala Badan Pusat Statistik Balikpapan Syahruni menambahkan, kebijakkan menghapus gakin perokok sejalan dengan Peraturan Wali Kota tentang Bebas Merokok. Kendati nantinya kata Syahruni, keputusan akhir tergantung Tim Nasional Penanggulangan Percepatan Kemiskinan (TNP2K).

Editor: Doddy Rosadi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!