NUSANTARA

Kebun Binatang Surabaya Belum Akan Tukar Satwa

Fokus sekarang adalah merawat yang masih hidup

AUTHOR / Wiwik Ermawati

Kebun Binatang Surabaya Belum Akan Tukar Satwa
Kebun Binatang Surabaya

KBR68H, Jakarta – Kebun Binatang Surabaya belum berencana melakukan penukaran satwa antara lembaga konservasi setelah makin banyak satwa di sana yang mati. 


Direktur Operasional Perusahaan daerah Taman Satwa Kebun Binatang Surabaya (KBS) Liang Kaspe menyatakan, upaya penukaran satwa baru bisa dilakukan setahun lagi. Sekarang, pihak kebun binatang mengaku tengah fokus mengurus ribuan satwa yang masih hidup.


“Kami lakukan pemantauan, pemberian obat-obatan, vitamin dan tindakan pemantauan kesehatan dan sebagainya,” jelas Liang. 


Baca juga: Kebun Binatang Surabaya, Kuburan Bagi Satwa Penghuni


“Tapi secanggih apa pun itu tidak akan membuat kematian jadi nol,” tambahnya. “Semua makhluk hidup pasti mati.”


Jumlah seluruh satwa di Kebun Binatang Surabaya saat ini mencapai tiga ribuan lebih. Tapi sekitar seratus di antaranya mati akibat usia yang sudah tua atau terserang penyakit, meski ada juga yang mati mencurigakan. Data KBS mencatat sekitar 80-an satwa terancam mati akibat tua, sakit dan cacat. 


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!