NUSANTARA

Juara Umum, Pemerintah Beri Bonus Atlet di Asean Para Games

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memastikan, bonus bagi atlet peraih medali di Pesta Olahraga Difabel Asia Tenggara atau Asean Para Games ke-7 di Burma.

AUTHOR / Yudha Satriawan

Juara Umum, Pemerintah Beri Bonus Atlet di Asean Para Games
Juara Umum, Pemerintah, Bonus, Atlet, Asean Para Games

KBR68H, Surakarta - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memastikan, bonus bagi atlet peraih medali di Pesta Olahraga Difabel Asia Tenggara atau Asean Para Games ke-7 di Burma.

Soal ini diungkap Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Kemenpora, Djoko Pekik saat menyambut kedatangan kontingen Indonesia dari Burma tiba di Bandara Adi Soemarmo Surakarta, Selasa (21/1).

Menurut dia, pemerintah menyiapkan bonus bagi para atlet dan pelatih yang mampu meraih medali di Asean Para Games. Menurut Djoko, 1 medali emas dapat bonus 50 juta rupiah, medali perak 30 juta rupiah dan medali perunggu 20 juta rupiah.

“Konsep bonus untuk atlet periah medali sama dengan saat Asean Para Games tahun 2011 di Solo Indonesia. Hanya nanti akan kita hitung lagi atau kalkulasi lagi kemampuan anggaran yang kita miliki. Kalau ada anggaran lebih ya kita ingin kasih bonus lebih banyak. Tahun 2011 lalu kan 1 medali emas dapat bonus Rp 50 juta, perak Rp 30 juta, dan perunggu Rp 20 juta. Ya semoga kita bisa kasih lebih banyak,” jelas Djoko Pekik.

Asean Para Games ke 7 berlangsung di Burma, pekan lalu. Kontingen Indonesia berjumlah 176 orang, 150 diantaranya atlet. Indonesia mengikuti 8 dari 13 cabang olahraga yang dipertandingkan.

Dalam ajang ini, Indonesia berhasil mendapat 99 medali emas, 69 perak, dan 49 perunggu. Sementara rival terdekat kontingen Merah Putih yakni Thailand memperoleh 96 emas, 82 perak, dan 70 perunggu.

Cabang olah raga renang menjadi peraih medali emas terbanyak dengan raihan 36 emas, 16 perak, dan 12 perunggu. Lalu disusul, cabor atletik dengan 31 emas, 32 perak, dan 20 perunggu. Sementara tenis meja menyumbangkan 16 medali emas, 10 perak, dan 9 perunggu.

Ini merupakan pertama kalinya, Indonesia berhasil menjadi juara umum Asean Para Games sejak digelar pertama kali di Kuala Lumpur 2001 lalu. Pada Asean Para Games sebelumnya di kota Surakarta tahun 2011, Indonesia hanya menempati posisi runner up di belakang Thailand dengan perolehan 113 emas, 108 perak, dan 89 perunggu.

Editor: Anto Sidharta

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!