NUSANTARA

Juara Liga 1, Pemprov Jabar Tawarkan Keterampilan Wirausaha Bagi Pemain Persib

"Setelah main bola mereka harus bisa mempertahankan hidupnya dengan standar hidup yang baik"

AUTHOR / Arie Nugraha

EDITOR / Rony Sitanggang

Persib juara Liga 1
Perayaan Persib juara Liga 1 di Gedung Sate usai konvoi mengelilingi jalanan Kota Bandung, Jabar, Sabtu (01/06/24). (Antara/Raisan Al Farisi)

KBR, Bandung-  Pemerintah Jawa Barat (Jabar) menawarkan keterampilan wirausaha kepada pemain Persib Bandung sebagai bekal saat pensiun menjadi atlet mendatang.  Menurut Penjabat (Pj) Gubernur Jabar, Bey Machmudin, jika terdapat pemain Persib Bandung yang hendak mengikutinya maka akan dilatih oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

"Saya sih mikirnya sebagai kepala daerah kan banyak putra-putra Jawa Barat di Persib itu, jadi setelah tidak bermain bola mereka itu malah tidak jelas nasibnya. Jadi kalau bisa tetap bertahan, ya artinya sama dengan seperti orang yang dari kecil SD, SMP, SMA, kuliah ini kan sama juga cuman mereka menempuh sebagai pemain bola dahulu. Tapi setelah main bola mereka harus bisa mempertahankan hidupnya dengan standar hidup yang baik tentunya," ujar Bey di Kantor Gubernur Jabar, Gedung Sate, Bandung, 4 Juni 2024.

Bey menegaskan program keterampilan wirausaha tersebut hanya sekadar opsi, mengingat Manajemen Persib Bandung juga sudah dianggap profesional.

Namun sebagai langkah antisipasi kondisi dan habisnya masa usia emas atlet, Bey berharap adanya pemain Persib Bandung yang hendak mengikutinya.

"Saya tekankan lagi ini hanya penawaran, terus Persib sudah menjadi PT (perusahaan terbatas) pengelolaannya sudah profesional. Namun namanya atlet kan di usai 40-45 tahun biasanya sudah tidak lagi bermain atau rehat. Ini menjadi bahan alternatif," kata Bey.

Bey mengaku miris pernah mendapatkan informasi terdapat atlet yang dulunya berprestasi namun saat menjalani kehidupan tidak layak.

Baca juga:

Penjabat (Pj) Gubernur Jabar, Bey Machmudin, mengatakan penawaran pelatihan wirausaha ini juga akan menyasar atlet Jabar yang mewakili di Pekan Olahraga Nasional (PON).


"Kan nanti atlet PON juga ada bonus. Bonusnya juga jangan sampai dikonsumsikan, dialihkan dalam bentuk seperti apa. Jadi pemerintah itu jangan hanya memikirkan saat berprestasi kemudian diberikan bonus, tapi kita pikirkan bonusnya diapakan," sebut Bey.

Bey beranggapan bonus yang diperoleh atlet karena berprestasi merupakan tabungan hari tua mereka. Sama halnya dengan pemain Persib Bandung yang mendapatkan bonus sebesar Rp500 juta dari Bank Jawa Barat (BJB), MUJ dan Jamkrida.

Persib sebelumnya sukses menjadi juara Liga 1 2023/2024 setelah mengalahkan Madura United dalam Final Championship Series dengan skor agregat 6-1.

Editor:  Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!