NUSANTARA

Jembatan Trans Kalimantan Rampung 2016

KBR68H, Balikpapan

AUTHOR / Johan Rumengan

Jembatan Trans Kalimantan Rampung 2016
trans kalimantan, jembatan, rampung

KBR68H, Balikpapan – Pembangunan jembatan Trans Kalimantan (Pulau Balang) yang menghubungkan Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan diperkirakan rampung pada 2016 mendatang. Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum menargetkan jembatan itu rampung tahun depan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Balikpapan Suryanto mengatakan, jembatan tersebut terbagi dua, yakni bentang pendek yang berjarak 407 meter dan bentang panjang sejauh 804 meter. Pembangunan jembatan tersebut dibiayai oleh Pemerintah Pusat dan Daerah. Kata dia, saat ini untuk bentang panjang jembatan sudah dilakukan pemasangan empat tiang utama. Sedangkan untuk bentang pendek proses pengerjaannya sudah mencapai 80 persen.

“Jembatan Pulau Balang bentang panjangnya sudah mulai dibangun, sekarang sudah ada empat tiang yang dibangun dengan anggaran 2013, rampungnya mungkin di 2016, ya ini baru empat tiang aja, kan ada dua bentang, bentang pendeknya dari Pulau Balang ke Penajam Paser Utara (PPU) itu Provinsi yang sudah (kerjakan) sudah kurang lebih sekarang 80 persen (progresnya), nah dari Pulau Balang ke Balikpapan itu APBN,” kata Suryanto kepada KBR68H, Jumat (6/12).

Suryanto menjamin, pembangunan Jembatan Trans Kalimantan ini tidak akan merusak Teluk Balikpapan dan ekosistemnya, khususnya habitat pesut yang hidup diarea Pulau Balang, karena sudah dilakukan kajian terlebih dahulu.

Editor: Doddy Rosadi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!