NUSANTARA

Ini Kendala Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Jakarta

KBR68H, Jakarta - Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Jakarta dinilai masih terkendala rendahnya kemampuan sumber daya manusia.

AUTHOR / Guruh Dwi Riyanto

Ini Kendala Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Jakarta
pelayanan, satu, pintu, jakarta

KBR68H, Jakarta - Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Jakarta dinilai masih terkendala rendahnya kemampuan sumber daya manusia.

Direktur Eksekutif Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah KPPOD Robert Endi Jaweng mengatakan, banyak pegawai kelurahan tidak memahami penerapan sistem pelayanan ringkas tersebut. Untuk itu, ia berharap pemerintah DKI Jakarta menyediakan pelatihan bagi mereka.

"Kalau sekedar buka internet dan macam-macam semua juga bisa. Tapi, mengoperasikan perizinan elektronik, tidak semua bisa. Maka dalam masa transisi pemberlakuan reformasi birokrasi perizinan ini; 1 adalah penguatan kapasitas sumber daya di tingkat kelurahan/kecamatan. Termasuk dalam hal menguasai piranti teknologi informasi yang nanti menjadi andalan dalam reformasi ini," kata Robert Endi Jaweng dalam Program Sarapan Pagi di KBR68H, Rabu (23/04).

Direktur Eksekutif KPPOD Robert Endi Jaweng menambahkan, pelatihan juga diperlukan untuk mengubah mental para PNS agar bisa melayani. Pada Juni nanti, pemerintah DKI Jakarta akan menerapkan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Sistem itu memungkinkan pelayanan berbagai perizinan cukup di kantor kelurahan atau kecamatan.

Editor: M Irham

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!