NUSANTARA

Harga Alat Pemadam Pawang Geni Sekitar Rp 40 Juta

Standardisasi alat pemadam kebakaran Pawang Geni masih dalam proses, meski demikian Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah memesan puluhan unit.

AUTHOR / Novaeny Wulandari

Harga Alat Pemadam Pawang Geni Sekitar Rp 40 Juta
pemadam kebakaran, pawang geni, jokowi

KBR68H, Jakarta - Standardisasi alat pemadam kebakaran Pawang Geni masih dalam proses,  meski demikian Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah memesan puluhan unit. 


Pembuat Pawang Geni Sri Utomo yakin proses sertifikasi bakal berjalan mulus sebab semua komponen alat pemadam berharga Rp 40 juta/unit tersebut sudah berstandar nasional Indonesia. 


"Kalau kami memproduksi itu kurang lebih sekitar Rp 40 juta, tapi belum termasuk pengiriman, belum termasuk biaya pelatihan. Lalu ada garansi nanti, kami ditantang ada garansi berapa tahun. Saya mengatakan dengan berani dan tangung jawab, 5 tahun asal tidak dirusak ya. Karena ini managemennya dibagi berdua ya, ada managemen Jakarta dan managemen Solo.Yang managemen Solo itu untuk produksinya saja," ujar Sri dalam perbincangan Sarapan Pagi di KBR68H.


Pembuat pawang geni Sri Utomo menambahkan, produknya dapat membawa muatan air sebanyak 200 liter. Dengan muatan sebesar itu ditambah cadangan air yang bergerak maka diharapkan alat pemadam ini dapat memadamkan kebakaran pada tahap awal. 


Sebelumnya pemerintah provinsi DKI Jakarta memesan alat pemadam kebakaran Pawang Geni sebanyak 90 unit. Alat ini untuk mengantisipasi kebakaran yangs sering terjadi di Jakarta dan di lokasi yang tidak dapat terjangkau mobil pemadam kebakaran.


Editor: Antonius Eko 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!