NUSANTARA

Hardiknas, Makam Kakak RA Kartini Dikunjungi Siswa Sekolah

Memperingati hari pendidikan nasional, seratus lebih pelajar SD NU Nawakartika Kabupaten Kudus Jawa Tengah berziarah ke makam kakak Ibu Kartini, Radenmas Sosro Kartono di Kompleks pemakaman keluarga Sido Mukti Kaliputu Kudus.

AUTHOR / Radio PAS FM Pati

Hardiknas, Makam Kakak RA Kartini Dikunjungi Siswa Sekolah
hardiknas, Radenmas Sosro Kartono, RA Kartini

KBR68H, Pati- Memperingati hari pendidikan nasional, seratus lebih pelajar SD NU Nawakartika Kabupaten Kudus Jawa Tengah berziarah ke makam kakak Ibu Kartini, Radenmas Sosro Kartono di Kompleks pemakaman keluarga Sido Mukti Kaliputu Kudus.

Guru pendamping, Juwairiyah, mengatakan acara ziarah ini sengaja dilakukan untuk memperkenalkan kakak Ibu Kartini kepada para siswa. Radenmas Panji Sosrokartono juga merupakan tokoh pendidikan karena setelah menamatkan pendidikan tingginya di Belanda,lebih memilih pulang ke Indonesia mendirikan perpustakaan dan menjadi kepala sekolah taman siswa di Bandung.

"Beliau orang pertama di Indonesia yang mengenyam pendidikan tinggi di Belanda", katanya.

Selain itu dia juga menguasai 26 bahasa asing dan 10 bahasa daerah di Indonesia. Dalam pengembaraanya di Eropa  juga pernah menjadi wartawan perang untuk New York Herald Tribune.

Sementara itu, Juru kunci makam keluarga Sosrokartono mengatakan selain tokoh pendidikan, Radenmas Sosro Kartonoadalah tokoh perintis kemerdekaan, hanya saja lebih senang tidak dipublikasikan. Dalam masa perjuangan dia juga mendirikan klinik pengobatan untuk membantu masyarakat, uniknya media pengobatannya menggunakan air putih.

Pada tahun 1952 Sosrokartono tutup usia tanpa meninggalkan anak dan istri, dan dimakamkan di makam keluarga Sido Mukti Kaliputu, Kudus.

Sumber:Radio PAS FM Pati

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!