NUSANTARA

Gunung Tangkuban Parahu Meletus

Gunung Tangkuban Parahu menyemburkan material vulkanik setinggi 500 meter dari bibir kawah Ratu.

AUTHOR / Arie Nugraha

Gunung Tangkuban Parahu Meletus
tangkuban parahu, meletus

KBR68H, Bandung - Gunung Tangkuban Parahu menyemburkan material vulkanik setinggi 500 meter dari bibir kawah Ratu. Semburan material vulkanik tersebut berupa pasir kasar dan abu. Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Surono mengatakan letusan itu terjadi selama tiga hari berturut-turut sejak 4 Maret 2013

"Tanggal 6 tadi pagi itu ada juga letusan freatik pukul 5.59 WIB sampai pukul 6.08 WIB. Memang letusannya kecil-kecil dan menguntungkan sekali letusannya ini dalam tidak ada pengunjung ya," ujarnya di Kantor PVMBG, jalan Dipenogoro, Bandung.

Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Surono menyebutkan, meski tinggi letusan mencapai ratusan meter, material dan gas beracun cepat menghilang terkena angin. Surono menjelaskan semburan tersebut dianggap sebagai letusan kecil tetapi dipicu oleh tekanan tinggi 1000 meter lebih dari dalam kawah.

PVMBG menyatakan gunung Tangkuban Parahu yang sudah dua pekan berstatus waspada itu mengalami penggelembungan fisik ke arah Utara. Sementara rekomendasi radius aman yang ditetapkan sejauh 1,5 kimoneter dari kawah.


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!