NUSANTARA

Gempa Lagi di Dieng

KBR68H, Jakarta - Gunung Dieng di Jawa Tengah kembali mengalami gempa vulkanik

AUTHOR / Pipit Permatasari

Gempa Lagi di Dieng
dieng vulkanik

KBR68H, Jakarta - Gunung Dieng di Jawa Tengah kembali mengalami gempa vulkanik. Direktur Tanggap Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana, BNPB Tri Budiarto mengatakan, gempa sampai sore tadi terjadi sebanyak empat kali. Kata dia, getaran gempa masih dalam batas wajar. Meskipun demikian, masyarakat diminta untuk bersiaga untuk evakuasi jika aktivitas gunung api Dieng meningkat.

“Gempa vulkanik yang terjadi hari ini, yang dalam itu empat kali. Jauh lebih sedikit dibandingkan Rabu malam. Empat kali hal yang wajar dari gerakan vulkano pada gunung yang aktif. Masyarakat di sekitar kawah Timbang amat sangat tenang dan siap kalau sewaktu- waktu gerakan gunung meningkatkan lagi,” ujar Tri Budiarto saat dihubungi oleh KBR68H.

Tri Budiarto menambahkan, untuk mengantisipasi terjadinya peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Api Dieng, pemerintah setempat sudah mempersiapkan lokasi-lokasi untuk evakuasi warga. Tempat tersebut diantaranya adalah, Kantor kelurahan Batu dan aula-aula yang dimiliki oleh pemerintah setempat.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!