NUSANTARA

Gelombang Tinggi, BMKG Himbau Nelayan HIndari Laut Sekitar Jawa

KBR68H, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menghimbau nelayan dengan perahu kecil untuk menghindari perairan Utara Jawa, Barat dan Selatan Jawa.

AUTHOR / Sindu Darmawan

Gelombang Tinggi, BMKG Himbau Nelayan HIndari Laut Sekitar Jawa
gelombang tinggi, perairan jawa, laut jawa, gelombang 3 meter

KBR68H, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menghimbau nelayan dengan perahu kecil untuk menghindari perairan Utara Jawa, Barat dan Selatan Jawa. Prakirawan BMKG Luthfi mengatakan tinggi gelombang di perairan itu mencapai 2-3 meter. sehingga membahayakan bagi nelayan yang menggunakan perahu kecil.

"Seperti di wilayah Jawa bagian Barat, Utara dan Selatannya, seperti wilayah perairan Jawa, lebih ke wilayah Barat Jawa, di mana memang tinggi gelombang berkisar 2-3,5 meter. Dan itu memang sepertinya nelayan-nelayan cukup ramai ya di wilayah tersebut. Dan wilayah Selatan Jawa juga cukup tinggi, terlebih di wilayah Barat Jawa," jelas Lutfi kepada KBR68H, Minggu (23/02).

Prakirawan BMKG, Lutfi menambahkan selain nelayan berperahu kecil, pelabuhan yang melayani jasa angkutan penyeberangan juga diminta untuk mewaspadai tinggi gelombang tersebut. Terutama di perairan wilayah Merak - Bakahueni dan Selat Sunda yang tinggi gelombangnya mencapai 1,5 - 2,5 meter. Namun, untuk pelabuhan penyeberangan Ketapang - Gilimanuk tinggi gelombangnya relatif aman karena berkisar 0,5 hingga 1,5 meter.


Editor: Fuad Bakhtiar

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!