BERITA

Gara-Gara Sindrom Kerdil, Daging Ayam Di Nunukan Langka

Peternak ayam di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara merugi lantaran serangan sindrom kerdil.

AUTHOR / Adima

Gara-Gara Sindrom Kerdil, Daging Ayam Di Nunukan Langka
Peternak ayam di Nunukan memilih memanen lebih awal ayam mereka karena takut merugi/adhima

KBR, Nunukan – Peternak ayam di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara merugi lantaran serangan sindrom kerdil. Sindrom itu menyebabkan ayam mengalami gangguan pertumbuhan sehingga tak mencapai bobot maksimal.

Akibatnya, menurut Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian, Peternakan, dan Tanaman Pangan Kabupaten Nunukan, Dessy Toding, persediaan daging ayam segar di Kabupaten Nunukan langka.

“Paling bobotnya satu setengah paling tinggi. Itu sudah diatas satu bulan. Langka ayam ini, faktor bibit itu. Ini kosong, ada beberapa penjual (ayam) yang tutup.“ujarnya Kamis(25/06/2015).


Desy Toding menambahkan, peternak ayam di Nunukan memilih memanen lebih awal ayam-ayam mereka karena takut merugi. Jika pemerintah daerah tak ikut membantu mengantisipasi sindrom ini, maka diperkirakan jelang lebaran, Nunukan akan terus mengalami kelangkaan daging ayam segar.


Editor : Sasmito Madrim

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!